Pokdarwis Jagad Lega Gua Ngingrong Targetkan Bangun 100 Homestay

Ibu-ibu warga Desa Mulo, Kecamatan Wonosari, memainkan gejog lesung sebagai salah satu atraksi wisata di Geosite Gua Ngingrong, Kamis (11/4/2019). - Harian Jogja/Rahmat Jiwandono
12 April 2019 21:17 WIB Rahmat Jiwandono Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Jagad Lega Gua Ngingrong, Desa Mulo, Kecamatan Wonosari, menargetkan memiliki 100 homestay pada 2020. Saat ini di sekitar objek wisata minat khusus tersebut baru ada lima homestay yang beroperasi.

Kepala Dinas Pariwisata (Dinpar) Gunungkidul, Asti Wijayanti, mengatakan untuk membantu mewujudkan target 100 homestay jajarannya mencoba membantu mengurus pembiayaan ke Dinas Pariwisata DIY. "Setiap tahun ada bantuan sekitar Rp15 juta per homestay," ujarnya, Kamis (11/4/2019).

Saat ini Dinpar Gunungkidul mulai mendata letak homestay yang ada. Menurut Asti, untuk memenuhi standar homestay yang baik, Dinpar memberikan bimbingan teknis (bimtek). "Dalam bimtek yang menjadi ukuran dari Kementrian Pariwisata adalah kebersihan dan toilet yang sesuai dengan standar internasional," kata Asti.

Ketua Pokdarwis Jagad Lega, Suwarno, menyatakan langkah yang dilakukan untuk merealisasikan target 100 homestay yaitu mengajak warga sekitar membuat homestay. "Kami mengajak warga yang rumahnya dapat dijadikan homestay agar target tersebut tercapai," ujar Suwarno.

Bentuk homestay tidak harus selalu bangunan baru. Ia ingin mengedepankan pariwisata berbasis masyarakat. "Saya berpegang pada community based tourism sehingga masyarakat sekitar dapat merasakan keuntungan dari sektor pariwisata," kata dia.

Homestay yang nantinya akan diterapkan adalah wisatawan yang tinggal dengan si pemilik rumah. "Misal pemilik rumah punya satu atau dua kamar yang kosong bisa disewakan," katanya.

Sekedar diketahui, pada 2018 keuntungan yang diperoleh Pokdarwis Jagad Lega mencapai Rp20 juta. Pokdarwis ini harus membagi hasil pendapatan dengan Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) DIY, karena Gua Ngingrong berlokasi di kawasan hutam milik Dishutbun DIY.