Dishub Gunungkidul Segera Sosialisasikan Tarif Parkir di Pesisir

Seorang tukang parkir menerima uang parkir di Jalan Brigjen Katamso, Wonosari, Senin (21/1/2019). - Harian Jogja/Rahmat Jiwandono
12 Mei 2019 20:47 WIB Rahmat Jiwandono Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Gunungkidul melakukan sosialisasi terkait dengan retribusi ganda untuk karcis parkir di Pantai Sadranan, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus. Sebelumnya, sejumlah wisatawan mengeluhkan adanya tarif parkir ganda di Pantai Sadranan.

Kepala Seksi (Kasi) Perpakiran Dishub Gunungkidul, Achid Bustomi, mengatakan jajarannya dalam waktu dekat bakal turun langsung ke lapangan guna mengecek retribusi ganda dan mengetahui kondisi di lapangan. "Kami juga menggelar sosialisasi," ucapnya kepada Harian Jogja, Minggu (12/5/2019).

Dishub, menurut Achid, telah menggelar sosialisasi tentang izin parkir yang baru tetapi baru dilaksanakan di sekitaran Kota Wonosari. Dalam waktu dekat, sosialisasi dilakukan di kawasan pantai. "Sistemnya bergantian, setelah sosialisasi di Kota Wonosari, kami menyasar kawasan pantai," katanya.

Achid menyatakan jika lahan parkir yang digunakan merupakan Sultan Grond (SG), maka untuk retribusi menjadi kewenangan Dishub. Sedangkan, lahan parkir yang ada di luar wilayah harus mempunyai izin. "Untuk lahan parkir swasta harus mengantongi izin," kata dia.

Warga sekitar Pantai Sadranan, Romli, meminta instansi terkait menindak juru parkir liar yang mematok tarif parkir di luar aturan perpakiran. "Tolong yang nakal diberi peringatan," ujar Romli. Menurutnya, beberapa wisatawan ada yang parkir kendaraannya di tanah milik warga lantaran takut dipungut biaya parkir dua kali.

Sesuai aturan, retribusi parkir diatur dalam Peraturan Bupati (Perbup) No.9/2018 tentang Perubahan atas Perbup No. 131/2017 tentang Standarisasi Harga Barang dan Jasa di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Gunungkidul Tahun Anggaran 2018. Sesuai Perbup, parkir khusus adalah tempat parkir yang berada di sepanjang kawasan pantai di Gunungkidul, sedangkan parkir tepi jalan adalah parkir yang biasanya ada di sekitar Kecamatan Wonosari. Tarif parkir khusus untuk sepeda motor ditetapkan Rp2.000, mobil Rp5.000, dan bus Rp7.500.