Tak Berniat Gugat, PPP Bantul Terima Hasil Pemilu

Ilustrasi. - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi
25 Mei 2019 08:17 WIB Ujang Hasanudin Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL--DPC Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Bantul tegas menyatakan tidak akan menggugat keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bantul terkait hasil Pemilu 2019.

“Persoalan sudah selesai, sudah menang,” kata Ketua DPC PPP Bantul, Hasyim Turmudzi Jumat (24/5/2019).

Hasyim mengatakan selisih suara memang sempat terjadi di daerah pemilihan VI, namun setelah melalui perhitungan sudah tidak ada masalah dan PPP mendapat satu kursi di dapil VI. Selain dapil VI, PPP mendapat satu kursi di dapil V. Total perolehan kursi PPP sebanyak dua kursi dengan total suara partai sebanyak 32.711 suara.

Menurut Hasyim perolehan suara pemilu 2019 ini jeblok dibanding 2014 lalu yang memperoleh enam kursi atau lebih dari 60.000 suara. Ia menyadari menurunnya suara partai berlambang kakbah tersebut karena diterpa berbagai persoalan jelang pemilu, di antaranya adalah konflik internal yang tak berkesudahan, kasus hukum yang menimpa ketua umum PPP Romahurmuziy.

Selain itu kondisi pemilu kali ini juga cukup ketat diantara caleg, bahkan terlihat jor-joran hingga menggunakan politik uang. Sisi lain, para caleg PPP diklaimnya tampil apa adanya, tidak ada yang militan. “Dengan kondisi saat ini sudah luar biasa dapat dua kursi itu. Kalau target normal nggak ada masalah kita bisa enam kursi kepegang,” kata Hasyim.