Advertisement

Tekan Kecelakaan, Ramp Check Digelar Setiap Hari

David Kurniawan
Selasa, 28 Mei 2019 - 22:07 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Tekan Kecelakaan, Ramp Check Digelar Setiap Hari Petugas Dishub Gunungkidul mengecek kondisi bus di garasi bus PO Maju Lancar di Desa Logandeng, Kecamatan Playen, Selasa (28/5/2019). - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Dinas Perhubungan (Dishub) Gunungkidul berencana menggelar inspeksi keselamatan atau ramp check secara berkala dengan sasaran armada angkutan Lebaran 2019. Kegiatan ini untuk memastikan kendaraan layak jalan sehingga angka kecelakaan dapat ditekan.

Kepala Dishub Gunungkidul, Syarief Armunanto, mengatakan ram check dilakukan sebagai upaya menjaga keselamatan angkutan umum. Rencananya pemeriksaan dilakukan rutin setiap hari di Terminal Dhaksinarga, Selang, Wonosari. “Untuk mengurangi risiko kecelakaan ramp check kami lakukan setiap hari. Jika tidak layak, maka kendaraan tidak diberangkatkan,” kata Syarief kepada wartawan di sela-sela pemeriksaan di garasi bus PO Maju Lancar, Desa Logandeng, Kecamatan Playen, Selasa (28/5/2019).

Advertisement

Dia menjelaskan di dalam pemeriksaan kesiapan armada angkutan Lebaran di garasi bus PO Maju Lancar, petugas menemukan bus antarkota antarprovinsi (AKAP) yang kondisinya tidak layak jalan lantaran saat diperiksa salah satu ban dalam kondisi aus. “Sudah kami catat dan harapannya ban diganti sehingga bisa layak jalan,” katanya.

Selain memeriksa kondisi kendaraan di garasi bus PO Maju Lancar, ramp check juga dilakukan di garasi bus PO Rosalia Indah di Kecamatan Semin. Adanya temuan di lapangan dijadikan catatan. Jika kendaraan layak jalan maka dipasang stiker Angkutan Lebaran 2019. “Harapannya para penumpang menggunakan armada yang telah terpasangi stiker. Pemasangan itu sebagai tanda bahwa kendaraan telah lolos uji pemeriksaan,” katanya.

Pemilik PO Maju Lancar, Sutrisno, mengatakan perusahannya menyiapkan 40 bus untuk angkutan Lebaran 2019. Menurut dia, dari hasil pemeriksaan petugas Dishub Gunungkidul, ada beberapa bus miliknya yang kondisi belum layak jalan. “Ada ban bus yang sudah aus dan masih terpasang. Ini bukan masalah karena kami siap menggantinya sehingga armada benar-benar layak jalan,” katanya.

Wakil Bupati Gunungkidul, Immawan Wahyudi, mengatakan pelaksanaan ramp check untuk mengetahui kesiapan penyelenggaraan angkutan Lebaran tahun ini. Dia berharap selama arus mudik maupun balik dapat berjalan dengan lancar. “Mudah-mudahan tidak ada insiden yang dapat mengganggu perayaan Lebaran. Ya kalau memang ada temuan saat pemeriksaan segera ditindaklanjuti dengan perbaikan sehingga armada benar-benar layak jalan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Jual Miras, Toko di Berbah Ditutup

Jual Miras, Toko di Berbah Ditutup

Jogjapolitan | 6 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Konflik Israel di Gaza, China Serukan Gencatan Senjata

News
| Selasa, 16 April 2024, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement