Advertisement

Jelang Lebaran, 13 Titik Jalan Rusak Mulai Diperbaiki

David Kurniawan
Senin, 27 Mei 2019 - 18:12 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Jelang Lebaran, 13 Titik Jalan Rusak Mulai Diperbaiki Pohon pisang ditanam di jalan berlubang di Desa Karangsari, Kecamatan Semin. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL–Untuk memperlancar arus mudik Lebaran 2019, Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPUPRKP) memperbaiki 13 titik ruas jalan di Gunungkidul yang rusak dan berpotensi mengganggu arus lalu lintas.

Kepala Seksi Pemeliharan Bidang Bina Marga DPUPRKP Gunungkidul, Wadiyana, mengatakan perbaikan untuk titik rusak dilakukan sejak beberapa waktu lalu. Total ada 13 titik jalur yang diperbaiki. “Total ada 13 titik yang kami perbaikan dan tersebar di sejumlah wilayah di Gunungkidul,” katanya kepada wartawan, Senin (27/5/2019).

Advertisement

Wadiyana menjelaskan, perbaikan dilakukan untuk menyambut arus mudik Lebaran tahun ini. Diharapkan dengan pemeliharaan ini dapat memperlancar arus lalu lintas pemudik saat pulang ke kampung halaman. “Perbaikan di beberapa titik harus dilakukan dengan serius. Salah satunya di jalur Semin-Kalilunyu. Jalan harus ditinggikan karena banyak yang ambles. Namun secara umum perbaikan bersifat pemeliharaan dengan menambal lubang-lubang jalan yang rusak,” katanya.

Disinggung mengenai proses perbaikan di jalur Semin-Kalilunyu, hingga Senin masih terus berjalan dan diharapkan bisa selesai secepatnya. “Kerusakan sangat parah dan saat mobil sedan melintas pasti akan tersangkut karena lubang jalan cukup dalam. Jadi penangan kami lakukan dengan pengerasan dan meninggikan badan jalan untuk kemudian diaspal,” katanya.

Ketua Komisi C DPRD Gunungkidul, Purwanto, mengapresiasi upaya perbaikan jalan rusak yang dilakukan DPUPRKP Gunungkidul. Meski demikian ia berharap Pemkab membuat tim reaksi cepat. Tim ini sewaktu-waktu bisa diturunkan saat ada laporan kerusakan jalan. “Jadi saat ada laporan, tim langsung melakukan perbaikan secepatnya sehingga tidak ada protes jalan yang rusak hingga ditanami pohon,” katanya.

Menurut dia, dengan tim reaksi cepat ini maka akan sangat membantu. Terlebih lagi hingga saat ini masih ada sejumlah jalan yang rusak. “Yang jelas dengan perbaikan jalan maka risiko kecelakaan bisa ditekan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dugaan Pelanggaran Wewenang, Wakil Ketua KPK Laporkan Anggota Dewas

News
| Rabu, 24 April 2024, 19:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement