Advertisement

Tol Jogja-Solo Dinilai Mendesak untuk Dibangun, Ini Alasannya

Abdul Hamied Razak
Rabu, 12 Juni 2019 - 03:37 WIB
Bhekti Suryani
Tol Jogja-Solo Dinilai Mendesak untuk Dibangun, Ini Alasannya Ilustrasi jalan tol. - JIBI/M. Ferri Setiawan

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Beban kendaraan bermotor yang melewati Ringroad DIY dinilai sudah tinggi. Hanya saja, sampai saat ini belum ada kesepakatan koneksi jalan tol Jogja-Bawen dan Jogja-Solo melewati Ringroad secara at grade atau elevated.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DIY Sigit Sapto Raharjo mengatakan jalur tol Jogja-Bawen dan Jogja-Solo dimungkinkan akan tersambung. Hanya saja opsi apakah nanti melewati Ringroad atau di atas Ringroad masih belum ada kesepakatan. "Semuanya elevated. Cuma untuk jalur tolnya lewat mana saya belum tahu. Apakah nanti dari (exit tol) Ringroad Barat menuju ke Ringroad Timur nanti elevated atau at grade, itu yang masih dipikirkan," katanya kepada Harianjogja.com, Selasa (11/6/2019).

Advertisement

Menurutnya, kebutuhan jalan tol Jogja-Solo dinilai mendesak. Hal itu berangkat dari pengalaman selama libur Lebaran 2019. Pasalnya, saat arus mudik dan balik tahun ini jumlah kendaraan bermotor meningkat tajam. Kebijakan exit tol Trans Jawa di Surakarta pada libur Lebaran tahun ini berdampak pada meningkatnya arus kendaraan bermotor dari arah Solo ke Jogja. Bahkan jarak tempuhnya menjadi lebih lama. 

"Kalau saya, untuk Kartasura ke Jogja harus segera dibuatkan jalan tol atau jalan besar, artileri apalah namanya. Kemarin [saat arus mudik] dari Jogja untuk sampai Kartasura saja bisa tiga sampai empat jam," kata Sigit.

Jika tol Jogja-Solo tersambung dengan tol Trans Jawa, katanya, maka arus kendaraan bisa lebih lancar lagi. Masyarakat juga bisa langsung ke Surabaya dengan nyaman. "Untuk yang tol Jogja-Bawen, nanti (yang masuk Jogja) semuanya elevated, melewati selokan Mataram," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement