Ini 3 Politikus Gerindra yang Digadang-gadang Jadi Wakil Ketua DPRD Bantul

Ilustrasi DPRD
12 Juni 2019 19:37 WIB Ujang Hasanudin Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL- Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra Bantul belum menentukan siapa sosok yang akan diajukan untuk menduduki kursi wakil ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bantul periode mendatang.

Berdasarkan hasil Pemilu 2019 beberapa waktu lalu, suara Gerindra terbesar kedua setelah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sehingga berhak mendapatkan jatah wakil ketua satu kursi.

Sekretaris DPC Gerindra Bantul, Darwinto mengatakan penunjukan calon wakil ketua DPRD segera dibahas dalam rapat internal Gerindra setelah ada putusan resmi calon anggota legislatif yang lolos dari Komisi Pemilihan Umum (KPU). Namun demikin, Darwinto menyebutkan nama-nama yang berhak menduduki wakil ketua Dewan.

Nama-nama tersebut adalah Enggar Suryo Jatmiko, Petrus Lanjar Wijoyono, dan Datin Wisnu Pranyoto. Ketiga nama tersebut diakui Darwinto memiliki kompetensi dan persyaratan sebagai wakil ketua Dewan. Sebab ketiganya merupakan pengurus inti DPC Gerindra Bantul. Selain itu, ketiga nama tersebut juga merupakan petahanan di DPRD Bantul, sehingga sudah memahami betul tugas-tugas di Dewan.

Menurut dia, berdasarkan aturan partai, calon pimpinan Dewan diutamakan pengurus inti DPC karena harus membawa misi partai. “Anggota baru atau kader baru tiba-tiba menduduki jabatan pimpinan itu tidak mungkin. Karena Dewan adalah jabatan kepanjangan partai,” kata Darwinto, saat dihubungi Rabu (10/6/2019).

Darwinto menambahkan, ketiga nama tersebut akan dibahas dalam rapat internal untuk memutuskan satu diantara ketiga kader tersebut berdasarkan kesepakatan, selanjutnya akan dimintai persetujuan sampai pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Gerindra. Saat ini Gerindra juga memiliki satu perwakilan sebagai pimpinan Dewan, yakni Nur Subiantoro yang kembali terpilih menjadi anggota DPRD Bantul periode 2019-2024.

Nur Subiantoro tidak masuk dalam bursa calon pimpinan Dewan kembali karena tidak memiliki jabatan di DPC. “Dulu waktu penunjukan sebagai wakil ketua Dewan karena jabatan beliau di DPC sebagai ketua [sebelum ketua DPC digantikan oleh Suharsono]. Sekarang pak Nur Subiantoro sebagai penasehat,” ujar Darwinto.

Diketahui dalam pemilu 2019 April lalu, perolehan suara Gerindra mencapai 86.375 suara dan berdasarkan hasil penghitungan pembagian kursi, Gerindra berhak memperoleh jatah delapan kursi di DPRD Bantul. Kedelapan orang tersebut adalah Enggar Suryo Jatmiko, Petrus Lanjar Wijoyono, Datin Wisnu Pranyoto, Nur Subiantoro, Jumirin, Saryanto, Sukardiyono, dan Novi Sarhati.