Hati-Hati, Lubang Drainase di Ringroad Utara Membahayakan Pengendara

Pengendara motor saat melintas di ruas jalur lambat di Ringroad Utara, tepatnya di Pagung Lor, Sinduadi, Mlati terdapat banyak lubang saluran drainase, Jumat (14/6/2019). - Harian Jogja/Yogi Anugrah
14 Juni 2019 17:37 WIB Yogi Anugrah Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN- Ruas jalur lambat di Ringroad Utara, tepatnya di Pagung Lor, Sinduadi, Mlati terdapat banyak lubang saluran drainase. Namun, kondisi lubang yang menjorok ke dalam dengan kedalaman bervariasi sekitar 3-7 sentimeter membahayakan pengendara yang melintas.

Pantauan Harianjogja.com, lubang drainase di ruas jalur lambat tersebut hampir sepanjang satu kilometer. Ada yang rata dengan jalan, ada juga yang dalam.

Kondisi tersebut cukup mengganggu pengguna jalan dari Barat ke Timur, terutama untuk kendaraan roda dua, pengendara yang tidak mengetahui adanya lubang saat melintasi jalan tersebut biasanya akan terjeblos.

“Iya, bahaya, karena ada yang dalam ada yang enggak, kalau pengendara tidak mengetahui kondisi jalan pasti kaget dan kejeblos di lubang yang dalam,” kata Dewangga, 29, warga Nggaglik yang sering melintasi jalan tersebut, Jumat (14/6/2019).

Menurut dia, di jalan tersebut memang sering tergenang air saat hujan deras, sehingga diperlukan adanya drainase untuk meminimalisir luapan air.

“Tapi saat hujan, kalau saya lewat, terkadang jalan masih tergenang, sehingga memang harus hati-hati agar tidak kejeblos,” ucap dia.

Salah seorang pengendara motor lainnya yang tinggal di Gamping, Wulandari, 28, menilai jarak antara lubang drainase satu dengan lainnya itu sangat dekat.
Selain itu kondisi kendaraan di jalur lambat yang juga ramai membuat pengendara sulit untuk menghindari lubang tersebut.

“Kalau tiba-tiba menghindar kan pengendara di belakang bisa kaget, jadi memang harus hati-hati, kalau tidak bisa hilang kendali malah terjatuh," kata Wulandari.