Advertisement

Aksinya Terekam CCTV, 2 Remaja Pencuri Kotak Infak di Masjid Agung Bantul Ditangkap

Ujang Hasanudin
Jum'at, 21 Juni 2019 - 20:07 WIB
Nina Atmasari
 Aksinya Terekam CCTV, 2 Remaja Pencuri Kotak Infak di Masjid Agung Bantul Ditangkap Ilustrasi. - Reuters/Dylan Martinez

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL-Satuan Reserse Kriminal Polsek Bantul menangkap dua remaja yang diduga sebagai pencuri kotak infak di Masjid Agung Bantul pada 8 Mei lalu. Kedua tersangka adalah Taufiq Endra, 18, warga Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, dan Yohanes Gendhang, 19, warga Trirenggo, Bantul.

Kapolsek Bantul, Komisaris Polisi Munawwar Syam mengatakan kedua tersangka ditangkap pada Kamis (20/6/2019) siang di rumahnya masing-masing. “Sampai saat ini pelaku masih dalam pemeriksaan penyidik Polsek Bantul, masih dikembangkan kemungkinan masih ada TKP di tempat lain,” kata Munawwar, Jumat (21/6/2019).

Advertisement

Berdasarkan pengakuan sementara kedua tersangka pernah melakukan tindakan kriminal, di antaranya mencuri gas dan kucing. Munawwar mengatakan kedua tersangka tersebut juga merupakan orang yang terekam kamera pengintai atau Circuit Closed Television (CCTV) masjid Agung Bantul.

Pada 8 Mei lalu, kedua remaja masuk ke halaman masjid dengan berpura-pura ke toilet. Setelah keluar toilet kedua pelaku sempat mengamati lagi sekitar pos keamanan, lalu salah satunya mengambil kotak infak yang ada di depan pos penjagaan.

Ruchan, seorang marbut Masjid Agung Bantul, mengatakan dalam kotak infak tersebut ada uang infak jemaah yang jumlahnya mencapai sekitar Rp11, 5 juta.

Jumlah uang itu yang tercatat saat jemaah menginfakkan dananya selama sebelum puasa dan setelah masuk puasa. Pihaknya mencatat tiap uang masuk sebagai arsip, kemudian memasukkan uang tersebut dalam kotak infak yang dicuri. Jumlah itu belum termasuk infak harian jemaah yang datang memasukkan uang di kotak infak tersebut. "Yang sudah pasti uangnya ada Rp11, 5 juta," ujar Ruchan.

Lebih lanjut Ruchan mengatakan saat kejadian memang kondisi sekitar masjid sepi. Hanya ada dua petugas keamanan, namun saat bersamaan memang petugas keamanan sedang keluar sebentar dan seorang keamanan lainnya sedang di dalam pos. Diketahui pada Selasa malam jemaah Masjid Agung Bantul juga menjadi lokasi buka bersama Bupati Bantul beserta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Bantul. Jemaah salat Maghrib dan tarawih lebih banyak dari biasanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Viral Polisi Tembak dan Serang DC, APPI Jelaskan Duduk Permasalahannya

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 16:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement