Advertisement

Harga Ayam di Pasaran Mahal, di Peternak Justru Anjlok, Pedagang di Jogja Membela Diri

Herlambang Jati Kusumo
Selasa, 25 Juni 2019 - 18:57 WIB
Bhekti Suryani
Harga Ayam di Pasaran Mahal, di Peternak Justru Anjlok, Pedagang di Jogja Membela Diri Ilustrasi daging ayam. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Pedagang ayam broiler di Pasar Beringharjo tidak khawatir terkait dengan rencana peternak yang akan membagi-bagikan 5.000 ayam gratis, akibat harga ayam hidup anjlok di tingkat peternak.

Salah satu pedagang ayam di Pasar Beringharjo, Tuminem menilai harga yang dipatok di pasaran saat ini kisaran Rp28.000-Rp30.000/kg masih wajar, lantaran banyak biaya yang perlu dikeluarkan pedagang.

Advertisement

"Memang harga di peternak Rp9.000-Rp10.000/kg tapi kami kan juga perlu biaya untuk bensin, motong ayam dan lain sebagainya," ucap Tuminem, Selasa (25/6/2019).

Harga yang dipatok pedagang di pasar itu menurutnya masih murah, lantaran saat ini stok juga sedang melimpah. Biasanya ia mendapat setoran dari beberapa wilayah di DIY, seperti Gunungkidul, Bantul dan luar DIY seperti Magelang. Sehari ia mengaku bisa menjual 3-4 kwintal,kepada para pelanggan.

Ia mengaku tidak khawatir dengan pembagian ayam gratis berpengaruh terhadap penjualan atau harga. Pasalnya ia mengatakan telah punya pelanggan tetap, dan untuk masalah harga tentu akan mengikuti harga di pasaran.

Asosiasi Peternak Ayam Yogyakarta (Apayo) dan Perhimpunan Insan Perunggasan Indonesia (Pinsar) DIY akan membagikan 5.000 ekor ayam gratis, Rabu (26/6/2019) pukul 14.00 WIB - selesai.

Ketua Apayo, Hari Wibowo mengatakan pembagian tersebut direncanakan akan ada di empat titik, yaitu timur Balaikota, taman parkir Sriwedari, Alun-alun utara, depan Gedung Pamungkas (timur Kridosono).

Tindakan tersebut sebagai wujud protes peternak lantaran harga di peternak ke pedagang jauh dibawah Harga Pokok Produksi (HPP) yang seharusnya ayam hidup Rp18.700/kg atau karkasnya mencapai HPP Rp30.000/kg. Sementara pedagang saat ini membeli dari peternak dengan harga hanya Rp7.000-Rp8.000/kg dikarenakan over supplay. Namun penjualan dari pedagang ke masyarakat saat ini selalu diatas HPP yaitu Rp29.000-Rp30.000/kg.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement