Advertisement

2 Hari Retribusi Pantai di Gunungkidul Raup Rp500 Juta

Rahmat Jiwandono
Senin, 08 Juli 2019 - 20:12 WIB
Yudhi Kusdiyanto
2 Hari Retribusi Pantai di Gunungkidul Raup Rp500 Juta Puluhan perahu nelayan yang berjajar di pinggir Pantai Baron. - Harian Jogja/Rahmat Jiwandono

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Dalam waktu dua hari yakni Sabtu (6/7/2019) dan Minggu (7/7/2019), pendapatan asli daerah (PAD) yang bersumber dari retribusi pariwisata di Gunungkidul mencapai Rp500 juta. Libur sekolah yang masih berlangsung dimanfaatkan oleh anak-anak untuk berwisata sebelum kembali masuk sekolah.

Kepala Seksi (Kasi) Objek dan Daya Tarik Wisata (ODTW) Dinas Pariwisata Gunungkidul, Aris Sugiyantoro, mengatakan jumlah wisatawan yang terpantau dari enam pos retribusi menuju objek wisata pantai merupakan acuan data jumlah kunjungan. Menurutnya, ada tiga pos retribusi yang tidak dimasukkan ke dalam data. "Di tiga pos retribusi yakni Banjarejo, Ngestirejo, dan Sepanjang, jumlah wisatawannya sedikit," ujarnya saat ditemui Harian Jogja, Senin (8/7/2019)

Advertisement

Aris menyatakan jumlah wisatawan pada Sabtu lalu mencapai sekitar 17.000 pengunjung. Sedangkan pada Minggu jumlah wisatawan naik dua kali lipat. "Jumlah naiknya menjadi sekitar 37.000 orang. Data ini berdasarkan catatan di enam pos retribusi," ucapnya.

Ia menyebutkan keenam pos tersebut adalah Wediombo, Siung, Ngrenehan, Baron, Pule, dan Tepus. Ia menambahkan, pada hari Minggu sempat terjadi kemacetan akibat membeludaknya wisatawan di pertigaan arah Pantai Kukup lantaran banyaknya bus besar yang parkir.

Kepala Seksi Sarana dan Prasarana Dinas Pariwisata Gunungkidul, Yohanes Nanang Putranto, mengungkapkan objek wisata yang diminati wisatawan selama Sabtu dan Minggu lalu yakni Pantai Ngrawe, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari. "Wisatawan ke sana karena spot untuk foto-foto bagus," ujarnya.

Diakuinya, selama ini wisatawan mengetahui keberadaan Pantai Ngrawe dari media sosial. "Wisatawan tahu dari sana," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

AS Disebut-sebut Bakal Memberikan Paket Senjata ke Israel Senilai Rp16 Triliun

News
| Sabtu, 20 April 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement