Advertisement

Dorong Lahirnya Sineas Muda, Sekolah Film Digelar di Kulonprogo

Jalu Rahman Dewantara
Sabtu, 27 Juli 2019 - 21:17 WIB
Bhekti Suryani
Dorong Lahirnya Sineas Muda, Sekolah Film Digelar di Kulonprogo Beberapa peserta sekolah film sedang belajar pengambilan gambar di Taman Budaya Kulonprogo, Kecamatan Pengasih, Sabtu (27/7). - Harian Jogja/Jalu Rahman Dewantara

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO- Dinas Kebudayaan (Disbud) Kulonprogo menggelar sekolah film. Kegiatan pelatihan ini dilatari minimnya generasi muda Kulonprogo menggeluti dunia perfilman. Kegiatan sekolah film yang dilangsungkan sejak Jumat (26/7/2019) hingga 18 Agustus mendatang itu diharapkan mampu menciptakan sineas berbakat dari kabupaten berjuluk Bumi Menoreh itu.

Kepala Bidang Seni Adat dan Tradisi, Disbud Kulonprogo, Wruhantoro, mengatakan pelatihan yang baru pertama diselenggarakan ini diikuti oleh 40 peserta asal Kulonprogo. Adapun pemateri yang dihadirkan merupakan orang-orang yang sudah berpengalaman di bidangnya.

Advertisement

Ada Agus Kencrot, Senoaji Julius, Seteng Sadja serta Yopi Kurniawan. Keempat sosok tersebut kerap muncul dan terlibat dalam produksi film layar lebar.

Wruhantoro mengatakan para pemateri memberikan pelatihan mulai dari persiapan produksi, proses, hingga hasil akhir berbentuk karya film. Metode pembelajaran dilaksanakan di dalam kelas dan praktik langsung di lapangan selama 10 kali pertemuan.

"Para peserta ini juga diberi pengetahuan mulai dari penggunaan kamera yang benar, pengambilan gambar serta suara untuk kebutuhan produksi film. Pengolahan gambar melalui proses pengeditan hingga pemasaran film juga turut diajarkan," katanya, Sabtu (27/7/2019).

Kepala Disbud Kulonprogo, Untung Waluyo, mengatakan adanya sekolah film membuktikan komitmen jawatannya tak hanya menyoal pengembangan seni dan budaya tradisional. Film yang merupakan cabang seni, turut menjadi perhatian pemerintah.

"Kebudayaan itu tak hanya sebatas pada seni adat dan pementasan saja, film juga termasuk di dalamnya, sekarang tinggal bagaimana kita bisa menyikapi dan memanfaatkannya saja," kata Untung.

Lewat sekolah film ini, Untung berharap ada sineas muda asli Kulonprogo yang mampu menembus kancah perfilman baik di tingkat nasional maupun internasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Prabowo Ingin Membangun Koalisi Kuat

News
| Rabu, 24 April 2024, 09:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement