Pura-Pura Jadi Wartawan, Pria Ini Mencuri Laptop & Akhirnya Ditembak

Ilustrasi - Reuters/Dylan Martinez
28 Juli 2019 23:57 WIB Yogi Anugrah Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Wartawan gadungan berinisial JB, 35, warga Sedayu, Kabupaten Bantul diringkus aparat Polsek Depok Timur. Pria asal Jawa Barat itu kedapatan mencuri di sebuah rumah indekos di kawasan Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Rabu (24/7/2019).

Kanitreskrim Polsek Depok Timur Iptu Mahardian Dewo mengatakan saat beraksi, tersangka berpura-pura sebagai wartawan yang hendak meliput berita. “Saat beraksi memang dia menggunakan baju bertulisan pers. Saat dicek, memang ada webnya juga di Internet, namun cuma berbentuk blog,” kata Iptu Mahardian, Minggu (28/7/2019).

Dia menjelaskan saat tersangka berada di lokasi kejadian tersangka hendak mencuri sebuah laptop. Warga kemudian memergoki ulah JB. “Saat ditanya warga itulah, tersangka berdalih sedang   liputan. Karena curiga, warga melaporkan tersangka ke Polsek Depok Timur. Anggota kami lantas mendatangi lokasi dan menangkap JB,” ucap dia.

Dari tangan pelaku, petugas mengamankan barang bukti laptop dan sepeda motor yang digunakan  pelaku untuk menjalankan aksinya.

"Tersangka beraksi sendiri dengan modus menyasar kos-kosan. Ia mengetuk pintu, jika ada orang,  ia berpura-pura sedang mencari temannya atau mencari berita. Namun jika tidak ada orang,  ia langsung melancarkan aksinya, " ujar Iptu Mahardian.

Ternyata JB diketahui telah beraksi beberapa kali di wilayah DIY dengan menggunakan modus yang sama. 

“Saat dilakukan pengembangan ia berusaha melarikan diri,  dan harus dilumpuhkan petugas dengan tembakan di kaki kiri, " kata dia.