Kemah Kebangsaan Karang Taruna Tahun Ini Digelar di Bukit Klangon

Kemah Kebangsaan 2018. - Ilustrasi
30 Juli 2019 18:27 WIB Arief Junianto Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Karang Taruna DIY akan menggelar Kemah Kebangsaan pertengahan bulan depan. Kemah yang digelar pada 24-25 Agustus di kawasan Bukit Klangon, Desa Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan tersebut bertujuan memupuk semangat kebangsaan di kalangan generasi muda.

Wakil Ketua Karang Taruna DIY, Pranasik Faihaan, mengatakan Kemah Kebangsaan akan diikuti oleh 250 orang yang berasal dari karang taruna di tingkat desa dan kelurahan se-DIY. Rencananya, Kemah Kebangsaan akan dibuka oleh Gubernur DIY, Sri Sultan HB X dan dilanjutkan dengan dialog kebangsaan dengan pembicara kunci Gubernur DIY.

Tak hanya itu peserta kemah kebangsaan juga akan dilibatkan dalam kegiatan sosial berupa pembangunan rumah tidak layak huni (RTLH), bekerja sama dengan Dinas Sosial (Dinsos) DIY.  “Di sela-sela acara, peserta juga diminta menampilkan potensi kesenian tradisional dari asal mereka masing-masing. Dengan ini, mereka diharapkan tetap bangga dan konsisten untuk melestarikan budaya,” ujarnya melalui rilis yang diterima Harianjogja.com, Selasa (30/7/2019).

Wakil Bupati (Wabup) Sleman, Sri Muslimatun menyambut baik dan siap mendukung kegiatan Kemah Kebangsaan yang akan bertempat di Klangon, Sleman. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman pun diakui siap menyukseskan dan memberikan dukungan sepenuhnya agar Kemah Kebangsaan berjalan dengan lancar.

Sri Muslimatun mengimbau agar seluruh panitia dan peserta memahami standar dan prosedur yang diberlakukan di kawasan Klangon mengingat keberadaan wilayah tersebut berada di lereng Merapi.

Untuk mendukung acara itu, kata dia, Pemerintah Desa Glagahharjo akan menerjukan sukarelawan sehingga para peserta kemah akan merasa tetap nyaman dan aman mengikuti semua rangkaian kegiatan Kemah Kebangsaan.  “Kami akan libatkan banyak sukarelawan untuk membantu peserta dan panitia Kemah Kebangsaan,” ucap Wabup.

Perwakilan dari Dinsos DIY, Sucipto menuturkan Kemah Kebangsaan yang dilaksanakan setiap tahun tersebut jadi salah satu program kolaborasi antara Dinsos DIY dengan Karang Taruna DIY. “Program ini juga telah diapresiasi oleh Kementerian Sosial sebagai salah satu bentuk inovasi Dinsos DIY dalam pengentasan masalah sosial berbasis generasi muda,” ucap dia.