Advertisement

Sudah 6,5 Juta Liter Air Didistribusikan untuk Kawasan Kekeringan di DIY

Abdul Hamied Razak
Selasa, 06 Agustus 2019 - 05:27 WIB
Nina Atmasari
Sudah 6,5 Juta Liter Air Didistribusikan untuk Kawasan Kekeringan di DIY Penyaluran bantuan air bersih di Dusun Sumbersari, Desa Banjarasri, Kecamatan Kalibawang, Selasa (4/9 - 2018).Harian Jogja/Beny Prasetya

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-- Bencana kekeringan yang melanda wilayah DIY terus berlanjut. Hingga awal Agustus ini berdasarkan data Pusdalops BPBD DIY tercatat 6,5 juta liter air bersih sudah didistribusikan.

Kepala Pelaksana BPBD DIY Biwara Yuswantara mengatakan hingga kini proses pendistribusian air bersih ke lokasi-lokasi yang kekurangan air bersih terus dilakukan. Selain Kabupaten Gunungkidul, daerah lainnya yang menetapkan status darurat kekeringan adalah Kabupaten Bantul.

Advertisement

"Proses pendistribusian air bersih terus dilakukan. Proses pendistribusian tidak hanya dilakukan oleh BPBD di masing-masing kabupaten, tetapi juga melalui dinas sosial kabupaten dan para donatur," katanya kepada Harianjogja.com, Senin (5/8/2019).

Berdasarkan data Pusdalops BPBD DIY, tercatat lebih dari 6,57 juta liter air bersih yang didistribusikan ke tiga daerah yang dilanda kekeringan. Jika dirata-rata satu tangki berisi 5.000 liter air maka total tangki yang dikirim sebanyak 1.300 tangki. "Sampai saat ini ketersediaan air bersih masih aman," kata Biwara.

Dhony Kristanto, Ketua FK Tagana DIY mengatakan Tagana DIY menyiapkan setidaknya 750 tangki air bersih yang dialokasikan dari APBD DIY. Selama Juli 2019, katanya, Tagana sudah mendistribusikan sebanyak 350 titik. Selama Agustus ini, lanjutnya, Dinsos DIY menyiapakan 400 tangki. "Ini belum termasuk dari bantuan CSR sekitar 200 tangki. Insyaallah, selama Agustus ini pasokan air bersih masih aman," kata Dhony.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement