Advertisement

Disbud Gunungkidul Dorong Pemdes Tulis Buku Sejarah Desa

Rahmat Jiwandono
Kamis, 15 Agustus 2019 - 22:57 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Disbud Gunungkidul Dorong Pemdes Tulis Buku Sejarah Desa Buku - Ilustrasi

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Dinas Kebudayaan (Disbud) Gunungkidul mendorong 144 desa yang ada di Gunungkidul untuk menulis sejarah berdirinya desa.

Kepala Disbud Gunungkidul, Agus Kamtono, menyatakan masih ada 88 desa yang belum menuliskan sejarah berdirinya desa. Penulisan sejarah desa tentang kapan lahirnya, siapa saja yang berperan, dan hingga saat ini sudah dijabat kepala desa ke berapa. "Tujuannya untuk membangun motivasi masyarakat," ucapnya, belum lama ini.

Advertisement

Menurutnya, jika masyarakat dari sebuah sistem yang sama serta psikologi yang sama akan menumbuhkan motivasi sehingga rasa memiliki desa semakin kuat. Hal itu tidak lepas dari budaya gotong royong di Bumi Handayani. "Buktinya bisa dilihat dari proses upacara adat yang dilakukan seperti rasulan dan sadranan," ujar dia.

Agus mengatakan tradisi Rasulan merupakan wujud syukur masyarakat terhadap hasil alam yang diberikan Tuhan Yang Maha Kuasa. Sedangkan Sadranan ialah bentuk penghormatan kepada para pendahulunya atas jasa-jasa yang sudah dilakukan di wilayahnya. "Yang diajarkan seperti cara bercocok tanam ataupun beternak," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Warga Iran Dukung Langkah Pemerintah Menyerang Israel

News
| Sabtu, 20 April 2024, 12:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement