Advertisement

Jalur Kereta Api Jogja-Semarang Akan Memanfaatkan Jalur Tol

Abdul Hamied Razak
Jum'at, 30 Agustus 2019 - 06:57 WIB
Nina Atmasari
Jalur Kereta Api Jogja-Semarang Akan Memanfaatkan Jalur Tol Ilustrasi jalan tol. - JIBI/Nicolous Irawan

Advertisement


Harianjogja.com, JOGJA-- Sekda DIY Gatot Saptadi mengatakan jalur rel kereta api yang menghubungkan Jogja-Semarang akan memanfaatkan jalur tol. jalur tersebut dibuat sejajar dan dibangun melayang (elevated).

"Kuncinya bukan sejajar tol, tapi [jalur kereta] memanfaatkan jalur tol, dan tidak memotong Aeropolis," katanya, kepada wartawan, Kamis (29/8/2019).

Advertisement

Sebelumnya, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) DIY Budi Wibowo mengatakan rencana pembangunan rel kereta api rute Jogja-Semarang yang melewati Borobudur sejauh ini masih dalam perencanaan. Sampai saat ini lanjut dia, belum ada pemaparan resmi dari pemerintah pusat terkait proyek tersebut.

Meski begitu, kata Budi, jika pembangunan jalur kereta tetap akan dilakukan maka Pemda DIY tetap menginginkan agar pembangunan jalur kereta dilakukan secara melayang (elevated), sejajar dengan jalan tol. Menurutnya, usulan tersebut sesuai dengan harapan dari Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X.

"Ngarso Dalem ingin pembebasan jalan tol bisa dilakukan juga untuk pembebasan jalur rel kereta. Jadi jalur kereta sejajar dengan tol," kata Budi, Selasa (27/8/2019).

Menurut Budi, keinginan Sultan tersebut didasarkan pada tingginya biaya yang akan dikeluarkan jika jalur KA tersebut dibangun atgrade. Sultan juga tidak ingin jika jalur KA tersebut membebaskan banyak lahan. Apalagi jika ada keinginan dari Pusat untuk menghidupkan lagi jalur mati Jogja-Semarang.

"Itu tidak memungkinkan. Biayanya tambah besar karena jalur kereta lama sudah dipenuhi oleh bangunan. Yang bisa dilakukan [dibangun] menempel dengan jalan tol," katanya.

Jalur jalur kereta Jogja-Semarang tersebut rencananya akan terkoneksi dengan Stasiun Tugu. Dengan begitu jalur tersebut akan menjadi satu kesatuan transportasi penunjang pariwisata di tiga wilayah, Jogja-Solo-Semarang. Hanya saja, kata Budi, sampai saat ini belum ada kejelasan soal rencana pembangunan jalur kereta tersebut. Sebab saat ini Pusat masih berkonsentrasi menyelesaikan jalur kereta bandara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement