20 KK Asal Bantul Siap Transmigrasi

Lahan transmigrasi. - Antara
06 September 2019 14:27 WIB Ujang Hasanudin Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL--Sebanyak 20 Kepala Keluarga (KK) asal Bantul segera diberangkatkan ke berbagai daerah dalam program transmigrasi.

"Tinggal nunggu surt perintah pemberangkatan aja, kalau persiapan sudah dilakukan sejak jauh hari," kata Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Bantul, Istirul Widilastuti, saat dihuhungi Kamis (5/9/2019).

Istirul mengatakan 20 KK akan disebar ke beberapa wilayah di antaranya 10 KK ke Bulungan Kalimntan Utara, tiga KK ke Simelu Aceh, tiga KK ke Mamuju Sulawesi Barat, dua KK ke Konawe Sulawesi Tenggara, dan dua KK lainnya ke Muna Sulawesi Selatan.

Tiap KK akan mendapat uang saku Rp10 juta, transportasi pemberangkatan, rumah dan pekarangan seluas satu hektare dan lahan basah seluas 1 hektare. Selain itu selama setahun di lokasi transmigrasi, mereka juga akan mendapatkan bantuan jatah hidup sembako.

Tidak hanya itu para calon transmigran jug mendapat fasilitas pelatihan. Ke-20 KK sudah mendapat tiga kali pelatihan di DIY dan Jawa Tengah. Materi pelatihan diutamakan soal pertanian dan budi daya perikanan. "Terutama soal pertanian untuk transmigran yang akan ke Bulungan karena disana rencana akan dijadikan lumbung padi," kata Istirul.

Istirul menambahkan 20 KK yang diberangkatkan tahun ini merupakan KK yang masuk daftar tunggu pendaftaran program transmigrasi. Tiap tahun minat warga Bantul untuk ikut transmigrasi cukup tinggi, namun kuota yang tersedia terbatas. Bahkan tahun ini lebih sedikit dibanding tahun lalu sebanyak 30 KK.

Ia berharap tahun depan kuota transmigran dari Bantul bertambah. Sebab sejauh ini diklaimnya keberhasilan transmigran dari Bantul juga cukup tinggi, "Informasinya dari pusat akan ada tambahan kuota ke DIY. Semoga adanya tambahan kuota juga berdampak jatah kuota untuk Bantul lebih banyak lagi," ujar Istirul.