Advertisement

Dua Kecamatan Tunggu Proyek Perbaikan Rumah Tak Layak Huni

Rahmat Jiwandono
Rabu, 11 September 2019 - 23:17 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Dua Kecamatan Tunggu Proyek Perbaikan Rumah Tak Layak Huni foto ilustrasi (JIBI - Solopos)

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Dua kecamatan di Gunungkidul yakni Panggang dan Purwosari tetap mendapat jatah pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH). Namun dalam prosesnya, pembangunan pembangunan RTLH di dua wilayah itu berbeda.

Kepala Bidang Perumahan Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman (DPUPRKP) Gunungkidul, Bambang Antono, menjelaskan Kecamatan Panggang mendapat bantuan RTLH dari alokasi APBD melalui program Pagu Induk Wilayah Kecamatan (PIWK), dedangkan untuk Kecamatan Purwosari mendapat bantuan RTLH dari sisa kuota Bantuan Stimulus Perumahan Swadaya (BSPS). "Untuk Kecamatan Purwosari sisa kuotanya sekitar 100 RTLH," ujarnya, Rabu (11/9/2019).

Advertisement

Menurut dia, pembangunan 1.137 unit rumah bersumber dari APBN dan 60 unit rumah dari World Bank. Adapun dua desa yang mendapat bantuan dari World Bank ialah Desa Bendung dan Desa Bulurejo, Kecamatan Semin, yang saat ini masih dalam tahap verifikasi. "Bantuan yang diperoleh sama yakni bahan bangunan senilai Rp15 juta dan uang tunai Rp2,5 juta," katanya.

Bambang mengatakan pembangunan RTLH yang danaya bersumber APBN sudah dalam tahap pengerjaan dan dipastikan selesai tahun ini. "Dengan adanya program ini semoga persoalan RTLH dapat berkurang," katanya.

Kepala Seksi Perumahan Swadaya DPUPRKP Gunungkidul, Wahyono, menambahkan RTLH dari sumber APBD DIY juga dalam proses pembangunan. Kuota untuk RTLH dana APBD DIY tercatat 1.942 unit rumah. "Untuk yang APBD-Perubahan ada 134 unit rumah," kata dia.

Hingga tahun ini, dijelaskan Wahyono, diperkirakan masih ada sekitar 17.000 RTLH di Gunungkidul. Jajarannya terus mengusahakan agar permasalahan RTLH ini segera teratasi. "Setiap tahun kami mengajukan baik melalui APBD, APBN maupun World Bank," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement