Pilkada Gunungkidul, Parpol Cari Kawan Koalisi

Ilustrasi Pilkada
07 Oktober 2019 07:27 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL–Sejumlah parpol di Gunungkidul mulai menjaring bakal calon kepala daerah. Meski demikian, hingga saat ini belum ada satupun partai yang berani mendeklarasikan diri berkoalisi dengan partai yang lain.

Sekretaris DPW Nasdem DIY, Suharno, mengatakan meski dapat mengusung calon sendiri Nasdem tetap membuka peluang pintu koalisi. Suharno mengaku partainya siap berkoalisi dengan sejumlah partai politik, termasuk dengan PDI Perjuangan sebagai pemilik kursi terbanyak di DPRD Gunungkidul. “Kami tidak menutup peluang koalisi. Jangan mentang-mentang bisa mengusung sendiri terus mengabaikan partai yang lain,” katanya.

Ketua DPC PDI Perjuangan Gunungkidul, Endah Subekti Kuntariningsih, mengatakan keputusan koalisi berada di tangan DPP. Namun, menurut Endah, partainya tidak ingin mengulang kejadian di Pilkada 2015 sehingga tetap membuka pintu koalisi dengan partai lain. “Akan kami komunikasikan baik dengan parpol maupun DPP PDI Perjuangan,” katanya.

Peluang koalisi juga disuarakan partai lainnnya, di antaranya Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Ketua DPD PKS Gunungkidul, Ari Siswanto, mengatakan partainya sudah menjalin komunikasi dengan partai lain. Tujuan dari koalisi untuk memastikan kesamaan visi misi terkait dengan calon yang akan diusung. “Intinya kami memastikan kendaraan dan calon yang sama-sama disepakati dengan partai dalam koalisi,” katanya.