Advertisement

Yayasan Astra Inisiasi Sanggar Anak Nusantara

Arief Junianto
Kamis, 10 Oktober 2019 - 23:47 WIB
Arief Junianto
Yayasan Astra Inisiasi Sanggar Anak Nusantara Salah satu aktivitas sanggar anak yang bekerja sama dengan YPA-MDR, belum lama ini. - Istimewa/YPA/MDR

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—PT Astra Internasional melalui Yayasan Pendidikan Astra Michael D. Ruslim (YPA-MDR) menginisiasi pembentukan Sanggar Anak Seni Nusantara. Sanggar yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia khususnya di wilayah pembinaan YPA-MDR tersebut dibentuk untuk meningkatkan mutu pendidikan.

YPA MDR yang berdiri sejak 2009 merupakan salah satu dari sembilan yayasan yang dimiliki PT Astra International yang bergerak di bidang layanan pendidikan. Sejauh ini YPA-MDR telah membina 90 sekolah negeri, 1.116 guru dan 18.252 siswa, yang terdiri dari 66 SD, 19 SMP dan lima SMK yang tersebar di beberapa daerah, mulai dari Lampung Selatan, Lampung, sampai Barito Utara, Kalimantan Tengah.

Advertisement

Ketua Pengurus YPA-MDR Herawati Prasetyo mengatakan pembentukan sanggar itu didasarkan pada empat pilar konsep pembinaan, yakni akademik, karakter, seni budaya dan kecakapan hidup. Tak hanya itu, YPA-MDR juga berupaya membangun sinergi antara sekolah dan masyarakat sekitar untuk melahirkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul, cerdas, dan berkarakter sekaligus memiliki keterampilan sesuai kearifan lokal. “Salah satunya adalah seni budaya,” ucap dia melalui rilis yang diterima Harian Jogja, Kamis (10/10/2019).

Herawati menjelaskan beberapa sanggar yang bersinergi bersama YPA-MDR, masing-masing adalah sanggar anak dari Bogor, Jawa Barat; Kabupaten Pacitan, Jawa Timur; Kabupaten Bantul; Kabupaten Lampung Selatan; dan Kabupaten Lampung Selatan, provinsi Lampung.

Pembentukan Sanggar Anak Seni Nusantara, kata dia, merupakan bentuk nyata kepedulian YPA-MDR serta masyarakat untuk melestarikan dan mengembangkan nilai-nilai seni budaya dalam rangka memperkuat seni budaya nasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 4 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang DPO Kasus Korupsi Pembangunan Pasar Rakyat Ditangkap di Papua

News
| Sabtu, 20 April 2024, 09:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement