Taste of Sleman Angkat Potensi Daerah

Pengunjung di acara Taste of Sleman di di Kamala Grand Ballroom Sleman City Hall, Kamis (10/10/2019). - Harian Jogja/Hafit Yudi Suprobo
10 Oktober 2019 21:17 WIB Hafit Yudi Suprobo Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN-- Wonderful Indonesia Culinary & Shopping Festival (WICSF) merupakan acara yang diprakarsai oleh Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) dan bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata.

Tahun ini event WICSF sudah memasuki tahun ke-4 dan sudah dimulai pada 27 September-27 Oktober. Event WICSF di Jogja tahun ini diikuti oleh sebanyak delapan pusat perbelanjaan yang tergabung dalam APPBI DIY yaitu Plaza Ambarrukmo, Galeria Mall, Lippo Plaza Jogja, Sleman City Hall, Malioboro Mall, Jogjatronik, Hartono Mall dan Jogja City Mall. Event yang dilaksanakan satu bulan penuh ini digelar secara estafet dari satu pusat perbelanjaan ke pusat perbelanjaan lainnya.

Public Relations Sleman City Hall Tika Sari mengatakan, Sleman City Hall menjadi salah satu pusat perbelanjaan yang berada di DIY dan tergabung dalam APPBI. Tahun 2019 ini menjadi tahun pertama bagi Sleman City Hall untuk ikut bergabung dalam event WICSF.

"Mengangkat tema TASTE OF SLEMAN maka WICSF yang digelar pada tanggal 10-13 Oktober 2019 di Garden lantai 1 Sleman City Hall ini hadir dengan berbagai macam tenant kuliner dan craft khas Sleman," ujar Tika kepada Harianjogja.com, Kamis (10/9/2019).

Tika mengatakan, di tahun pertama ini SCH ingin menunjukkan potensi yang dimiliki oleh kabupaten Sleman dengan menghadirkan tenant kuliner, kerajinan tangan, maupun edukasi. "Kami ingin berbeda dengan yang lain, tidak hanya ngasih infotainment tapi juga informasi mengenai kabupaten Sleman," ujarnya.

Memilih tema Taste of Sleman, lanjut Tika, dikarenakan dalam event ini juga sebagai salah satu cara untuk mengangkat dan memperkenalkan kuliner, kesenian dan tarian Sleman kepada masyarakat luas.

Pembukaan WICSF di Sleman City Hall dimulai pada tanggal 10 Oktober 2019 pukul 15.00 yang dipandu oleh Chika sebagai MC.

Diawali dengan Tradisional Dance Performance yaitu Tari Golek Ayun dan Tari Loro Topeng dari Dinas Kebudayaan dan selanjutnya penyerahan Pataka dari Lippo Mall kepada Sleman City Hall yang menjadi simbol bahwa WICSF sudah bergilir dan saat ini tiba Sleman City Hall.

Acara opening WICSF di Sleman City Hall ini juga sangat meriah dan menunjukkan kekhasannya dibuktikan dengan adanya iringan gamelan secara langsung.

Tenant-tenant kuliner dan craft yang hadir menyemarakkan WICSF di Sleman City Hall yaitu Diajeng Craft, Beras Sleman, Kenandi Craft, Kopi Merapi, Pecel Pincuk, Jogja Bika, TJ Zuppa, Souvenir Jogja, Kelapa Aren, Jajanan Pasar Bu Bagyo, Nokifumo, Kampung Mina Padi, Cakra Semesta, Brongkos Bu Patmo dan Nayaka Craft.

"Event WICSF yang digelar di Sleman City Hall ini tidak hanya pameran kuliner dan craft saja tetapi ada activity dari Komunitas Hompimpa yang menjadi guess experience bagi pengunjung," terangnya.

Antusias pengunjung ini sangat luar biasa karena didukung oleh banyak sekali booth-booth yang membawa kuliner dan craft khas dari Sleman. "WICSF di Sleman City Hall tidak hanya menghadirkan kuliner tetapi juga memberikan edukasi terkait sejarah dari makanan, tarian dan kesenian khas Sleman," ujar Tika.

"Event WICSF ini juga menjadi satu rangkaian acara road to 1st anniversary yang akan dilaksanakan pada tanggal 28 Oktober 2019 di Kamala Grand Ballroom Sleman City Hall," tutupnya.