15 Kepala Keluarga Ikut Program Transmigrasi

Lahan transmigrasi. - Antara
14 Oktober 2019 23:17 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL–Sedikitnya 15 kepala keluarga (KK) asal Gunungkidul bakal mengikuti program transmigrasi di tahun ini. Adapun tujuannya masih seputaran Pulau Kalimantan, Sulawesi dan Sumatra.

Kepala Seksi Komunikasi Informasi dan Edukasi Bidang Transmigrasi Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Gunungkidul, Chatarina Emi Purwaning, mengatakan kuota transmigrasi tahun ini sudah terpenuhi. Rencananya ada 15 KK yang diberangkatkan ke luar Pulau Jawa.

Menurut dia program transmigrasi tidak hanya sebagai upaya pemerataan jumlah penduduk. Dalam program ini ada harapan dari keluarga untuk bisa meningkatkan taraf hidup. Pasalnya, para peserta di lokasi transmigrasi tidak hanya diberikan tempat tinggal, tapi juga diberi lahan pertanian. “Saat ditanya kenapa ingin ikut [program transmigrasi], rata-rata menjawab karena ingin mendapatkan hidup yang lebih layak,” kata Emi kepada wartawan, Senin (14/10/2019).

Wakil Ketua Komisi D DPRD Gunungkidul, Ari Siswanto, mengatakan jajarannya mendukung pelaksanaan program transmigrasi. Menurut dia, program ini menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “Mudah-mudahan dengan program ini bisa memberikan manfaat bagi masyarakat, khususnya menyangkut dengan upaya meningkatkan kesejahteraan,” katanya.