Gelar Operasi Zebra Selama 2 Pekan, Polres Kulonprogo Ajak Superman dan Captain America

Polres Kulonprogo menggelar apel sebagai persiapan Operasi Zebra Progo 2019 pada Rabu (23/10/2019). - Harian Jogja/Lajeng Padmaratri
23 Oktober 2019 16:37 WIB Lajeng Padmaratri Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO - Untuk meningkatkan ketaatan berlalulintas bagi pengguna jalan raya, Kepolisian Resor Kulonprogo menggelar Operasi Zebra Progo 2019. Operasi ini akan berlangsung selama dua minggu mulai 23 Oktober hingga 5 November 2019.

Kapolres Kulonprogo, AKBP Anggara Nasution merinci prioritas pelanggaran yang akan menjadi target dalam operasi kali ini. Antara lain tidak menggunakan helm SNI, melawan arus lalu lintas, menggunakan ponsel saat berkendara, berkendara di bawah pengaruh alkohol, melebihi batas kecepatan, berkendara di bawah umur, tidak menggunakan sabuk pengaman, dan melanggar ketentuan tata cara muatan serta peruntukkan kendaran.

"Ada sekitar 114 personel yang kami kerahkan serta imbangan polsek-polsek jajaran ," kata Anggara kepada awak media pada Rabu (23/10/2019) setelah agenda Apel Gelar Operasi Zebra Progo 2019 di halaman Polres Kulonprogo.

Jajarannya akan menyasar beberapa daerah rawan pelanggaran lalu lintas di Kulonprogo seperti Jalan Diponegoro, Wates dan Jalan Bhayangkara, Wates, serta daerah rawan kecelakaan seperti Jalan Jogja-Wates di KM 24-26 atau Simpang Tiga Tugu Pensil sampai Simpang Tiga Milir Pengasih yang merupakan ruas penggal jalan nasional, serta beberapa lokasi yang akan ditentukan kemudian.

Pada operasi zebra periode 2018 lalu, Polres Kulonprogo menjaring sebanyak 6.243 pelanggaran lalu lintas dengan rincian sebanyak 5.494 ditindak tilang dan 749 teguran. Angka ini turun dari tahun 2017 lalu yang menjaring sebanyak 6.924 pelanggaran.

Anggara berharap, dengan adanya operasi ini masyarakat dapat meningkatkan kesadaran berlalu lintas. "Kami harap kegiatan ini dapat menurunkan angka pelanggaran dan jumlah kecelakaan lalu lintas," kata dia.

Lewat apel ini, Polres Kulonprogo memperkenalkan maskot Operasi Zebra Progo 2019 yaitu dua pahlawan super Superman dan Captain America. "Pahlawan ini filosofinya sebagai penolong masyarakat. Mereka kami tampilkan dalam rangka mengingatkan masyarakat agar terhindar dari kecelakaan lalu lintas," tutur Anggara.