Harga Mangga Merosot, Petani Butuh Pelatihan Pengolahan

Supono, salah seorang warga Dusun Wuni, Desa Nglindur, Kecamatan Girisubo, memetik buah mangga yang ada di halaman rumahnya, Jumat (25/10/2019). - Harian Jogja/David Kurniawan
31 Oktober 2019 16:12 WIB Muhammad Nadhir Attamimi Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Memasuki masa panen, harga mangga di tingkat petani terus menurun. Saat ini rata-rata harga mangga di tingkat petani hanya sekitar Rp5.000 per kilogram.

Ketua Kelompok Tani Sido Mulyo, Dusun Jelok, Desa Gedangsari, Kecamatan Gedangsari, Sudarno, menyatakan di wilayahnya terdapat 1.300 pohon mangga jenis malam dan menghasilkan panen sekitar 52,43 ton. "Setiap satu hektare lahan bisa menghasilkan 1,07 ton mangga per tahun," kata dia, Selasa (29/10/2019).

Sayangnya, saat ini harga mangga sangat rendah. "Hasil panen kurang memuaskan, terutama karena minimnya air untuk penyiraman tanaman, Selain itu harga mangga juga rendah hanya Rp5.000 per kilogram," kata dia.

Guna meningkatkan hasil terutama saat panen raya, Sudarno berharap Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Gunungkidul bisa membantu warga atau kelompok petani mangga di Gedangsari untuk memberikan pelatihan pengolahan pascapanen. "Sehingga pemasukan warga bisa meningkat," ujarnya.