Advertisement

Rayakan Usia Seabad Lebih, GKJ Gondokusuman Gelar Bakti Sosial

Lugas Subarkah
Minggu, 24 November 2019 - 17:27 WIB
Arief Junianto
Rayakan Usia Seabad Lebih, GKJ Gondokusuman Gelar Bakti Sosial Masyarakat memeriksakan kesehatannya di sela-sela acara HUT ke-106 GKJ Gondokusuman, Minggu (24/11/2019). - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dalam rangka merayakan usia yang lebih dari seabad, Gereja Kristen Jawa (GKJ) Sawokembar atau yang biasa dikenal dengan GKJ Gondokusuman menggelar sejumlah kegiatan sosial dan peduli lingkungan, Minggu (24/11/2019).

Koordinator Bakti Sosial HUT GKJ Gondokusuman, Andriani Sumaskris, mengatakan tahun ini GKJ Gondokusuman genap berusia 106 tahun. Guna menandai peringatan itu, pihaknya menggelar sejumlah kegiatan yang ditutup dengan Bakti Sosial pada Minggu.

Advertisement

Bakti Sosial, kata dia, diisi dengan pemeriksaan kesehatan majelis, jemaat dan masyarakat umum. "Lalu ada juga donor darah yang bekerja sama dengan RSUP Dr. Sardjito," ujar dia, Minggu.

Dia menjelaskan pemeriksaan kesehatan majelis meliputi cek tekanan darah, asam urat, gula darah dan kolesterol. Sejumlah dokter juga didatangkan untuk memeriksa gigi, mata, penyakit dalam, syaraf dan konsultasi gizi.

Dalam Bakti Sosial, ucap dia, juga digelar acara bertajuk Berbagi Kasih yang bekerja sama dengan komunitas mahasiswa Kristen. "Di acara itu ada agenda berbagi kupon untuk makan bersama, dilanjutkan dengan diskusi tentang pengelolaan stres," katanya.

Pendeta GKJ Gondokusuman, Seno Adhi Noegroho, mengatakan peringatan HUT ke-106 Gereja Gondokusuman mengusung tema Gereja Bagi Sesama dan Semesta. Tema ini, kata dia, di satu sisi menunjukkan keterbukaan, di sisi lain menunjukkan kesiapan untuk bekerja sama dengan masyarakat dan lingkungan sekitar. “Kami telah berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup Kota Jogja dan kelurahan untuk memilah sampah dan mengoptimalkan bank sampah,” ucap dia.

Hal inilah yang kemudian menjadi spirit yang melandasi serangkaian kegiatan dalam HUT ke-106 GKJ Gondokusuman, di antaranya jalan sehat, lomba untuk jemaat, bakti sosial untuk masyarakat umum, donor darah dan puncaknya adalah ibadah peringatan HUT ke-106 GKJ Gondokusuman pada Sabtu (23/11).

Acara puncak itu dihadiri oleh sejumlah elemen masyarakat diantaranya tokoh masyarakat Kampung Klitren, pemuka agama, srikandi lintas iman, penghayat kepercayaan Parisada Hindu Dharma, perwakilan umat Katolik dan komunitas difabel.

Di usia yang sudah lebih dari satu abad, dia berharap GKJ Gondomusuman bisa lebih bermakna dan berguna bagi masyarakat. "Dengan tema itu kami juga mengajak jemaat khususnya untuk peduli pada masyarakat dan lingkungan sekitar," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pembangunan Rusun ASN di IKN Capai 40 Persen

News
| Sabtu, 27 April 2024, 05:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement