Pengembangan D’Trukan Park View Butuh Dukungan Pemerintah

Wisatawan melihat panorama alam di DTrukan Park View yang berlokasi di Desa semanu, Kecamatan Semanu, Rabu (27/11/2019). - Harian Jogja/Muhammad Nadhir Attamimi
27 November 2019 22:47 WIB Muhammad Nadhir Attamimi Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Bumi Handayani diberkahi keindahan alam yang seolah tak ada habisnya. Masyarakat di wilayah ini juga terus memanfaatkan setiap objek unggulan di wilayahnya sebagai daya tarik wisata, sekaligus menjadi penopang kesejahteraan serta penggerak roda perekonomian warga.

Salah satu objek wisata yang mulai dikembangkan yakni D'Trukan Park View yang berlokasi di antara Dusun Semanu Tengah dan Dusun Ngringin, Desa Semanu, Kecamatan Semanu. Objek wisata ini menawarkan perpaduan panorama alam dengan jernihnya air sungai.

Pengembangan D’Trukan Park View merupakan hasil swadaya dan rintisan yang dilakukan oleh warga di dua dusun tersebut. Tempat pelesiran yang dibangun pada 2018 ini dikelola secara swadaya oleh masyarakat sekitar.

Pengurus Pokdarwis Asri D'Trukan Park View, Catur Puji Suprihono, mengungkapkan potensi wisata yang dikembangkan menawarkan keindahan alam yang asri dan air yang segar sebagai spot selfie para pengunjung. "Sebelum pengembangan kami melakukan survei. Beberapa potensi seperti panorama alam tebing sungai dan jernihnya air sungai kami olah menjadi spot foto yang menarik bagi wisatawan. Kami juga menyiapkan wahana wisata air menggunakan ban dan perahu," kata Catur, saat ditemui Rabu (27/112019).

Ia mengungkapkan objek wisata tersebut dirintis sejak 2018. Tetapi karena semua pengurus sibuk, maka pengembangan objek wisata ini sempat terbengkalai hingga baru bisa diperkenalkan kepada khalayak pada Lebaran 2019. "Kami mulai aktif dan melaunching D’Trukan Park View saat libur Lebaran 2019," ujarnya.

Untuk pengelolaan, kata Catur, semua dibebankan secara mandiri kepada warga sekitar. Sebab, objek wisata ini dinilai mampu mendongkrak ekonomi warga sekitar. Menurutnya, hal itu sangat menguntungkan warga. "Kalau dikelola oleh pihak lain kasihan warga pendapatannya tidak bisa maksimal," ujarnya.

Catur berharap ke depan pemerintah, baik Pemerintah Desa Semanu serta Pemkab Gunungkidul bisa bekerjasama dan bersinergi dengan Pokdarwis Asri dalam mengembangkan potensi wisata yang ada.

Anggota Komisi B DPRD Gunungkidul, Eko Rustanto, mengapresiasi upaya yang dilakukan warga Desa Semanu dalam merintis potensi yang ada di wilayahnya, seperti yang dilakukan oleh Pokdarwis Asri. Menurutnya, Gunungkidul harus terus bebenah dan berinovasi dalam memberikan layanan kepariwisataan kepada wisatawan.

"Terobosan Pokdarwis Asri bisa menjadi contoh dalam upaya pemberdayaan warga sekitar. Diharapkan nantinya tidak hanya objek wisata pantai saja yang berkembang, tetapi objek wisata di wilayah lain di Gunungkidul juga bisa terus berkembang," kata Eko.