Advertisement

DPRD Gunungkidul Apresiasi Penyelenggaraan Pilkades

David Kurniawan
Minggu, 24 November 2019 - 23:27 WIB
Yudhi Kusdiyanto
DPRD Gunungkidul Apresiasi Penyelenggaraan Pilkades Persiapan penghitungan suara pilkades di kantor pemerintah desa Patuk, Kecamatan Patuk pada Sabtu (23/11/2019). - Harian Jogja/Rahmat Jiwandono

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Ketua Komisi A DPRD Gunungkidul, Ery Agustin Sudiyati, mengapresiasi penyelenggaraan Pilkades Serentak 2019 di Gunungkidul yang berlangsung Sabtu (23/11). Selain berjalan aman dan lancar, partisipasi masyarakat dalam pemilihan juga menjadi penentu kesuksesan dalam penyelenggaraan. "Semua berjalan dengan baik dan tidak ada masalah dalam penyelenggaraan," kata Ery kepada Harian Jogja, Minggu (24/11/2019).

Menurut dia, antusiasme warga untuk memilih sangat baik. Ia mencontohkan penyelenggaraan pilkades di Desa Karangduwet, Kecamatan Paliyan, partisipasi tidak hanya dimiliki oleh orang dewasa dan anak muda. Para pemilih yang masuk kategori lansia juga tidak ingin ketinggalan untuk menggunakan hak suaranya. "Antusiasme warga sangat baik. Saya lihat sendiri bagaimana kakek-kakek yang berjalan menggunakan tongkat tetap bersemnagat datang ke TPS untuk memilih," ujarnya.

Advertisement

Menurut Ery, meski pilkades berjalan dengan lancar, di dalam penyelenggaraan ada beberapa cacatan yang bisa dijadikan evaluasi untuk penyelenggaraan yang lebih baik lagi. "Dewan juga siap menerima evaluasi terkait dengan produk hukum yang dihasilkan sebagai pedoman untuk penyelenggaraan. Apabila ada masukan dan saran terkait dengan penyempurnaan maka kami siap membahasnya," kata politikus Partai Golkar ini.

Ketua DPRD Gunungkidul, Endah Subekti Kuntariningsih, mengatakan sejak awal anggota Dewan berkomitmen dalam upaya menyukseskan Pilkades Serentak 2019. Selain melakukan pengawasan melalui Komisi A, saat pencoblosan anggota Dewan juga menggelar pemantauan penyelenggaraan pilkades di daerah pemilihan masing-masing. "Saya bersama jajaran forum komunikasi pimpinan daerah [Forkompimpa] juga memantau di lapangan untuk melihat kesiapan sebelum pencoblosan," katanya.

Ditambahkan Endah, untuk ketugasan anggota Dewan dalam pencoblosan dilengkapi dengan surat penugasan. "Jadi ada dasar aturannya anggota memantau. Apalagi ini juga sebagai salah satu tugas pokok dan fungsi untuk memperkuat pengawasan dalam penyelenggaraan pemerintahan," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement