Advertisement

UGM dan Gachon University Berikan Penghargaan kepada Kapolda DIY

Media Digital
Senin, 16 Desember 2019 - 21:17 WIB
Bhekti Suryani
UGM dan Gachon University Berikan Penghargaan kepada Kapolda DIY Pemberian penghargaan kepada Kapolda DIY beberapa waktu lalu - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJAGachon University Korea dan Univeristas Gadjah Mada (UGM) memberikan penghargaan kepada pihak-pihak yang telah berkontribusi secara aktif dalam program Upaya Penurunan Angka Kecelakaan Lalu Lintas Anak di Provinsi DIY Tahun 2019.

Program tersebut dimulai pada 2017 dengan dukungan dari Korea International Cooperation Agency (Koica) dan PT Samsung Electronics. Penghargaan utama diberikan kepada Irjen Ahmad Dofiri, sebagai Kapolda DIY yang menjabat saat itu. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Prof Huh Eok sebagai penanggung jawab kegiatan dari Gachon University pada Rabu (11/12/2019) lalu di kantor Polda DIY.

Advertisement

Selain Prof Huh Eok turut hadir pula Prof Sigit Priyanto, dari UGM serta Direktur Lalu Lintas Polda DIY, Kombes Tri Julianto Djati Utomo. Selain menyerahkan penghargaan, pertemuan dengan Kapolda DIY tersebut juga membahas program-program yang sudah dijalankan, evaluasi program, kesan pesan dan harapan untuk program ini.

Kapolda DIY menilai program ini merupakan kegiatan positif. “Dengan adanya program ini, kami [polisi] pun secara tidak langsung tergerak untuk lebih aktif dan disadarkan sekali lagi tentang kewajiban kami,” kata Ahmad Dofiri.

Selain Kapolda DIY, Gachon University juga memberikan penghargaan kepada sejumlah orang yang dianggap berkontribusi terhadap program tersebut, yakni:

• Prof Sigit Priyanto (UGM)
• AKBP Purn. Sulasmi
• Rita Agung Handayani (Dishub Kota Yogyakarta)
• Didit Suranto (Dishub Provinsi DIY)
• Aprinanto (Dishub Provinsi DIY)
• Agustin Purwandari(Dinas Dikpora DIY)
• Tim Dikyasa Satlantas Polresta Yogyakarta
• Fika Widiana Kuspratiwi(SD Muhammadiyah Jogokariyan)
• Wagiharto (Kepala Dukuh Pendulan)
• Triono Risdyanto (Kepala RW 06 Kampung Kumendaman, Kota Yogyakarta)
• Dina Kumalasari (Universitas Gadjah Mada)
• Vira Ningrum Pribadhini (MSTT UGM)
• Edgar Marchiano La’lang (MSTT UGM)
• Agung Eko Saputro (MSTT UGM)

Dalam waktu tiga tahun, UGM dan Gachon University bekerja sama dengan berbagai instansi pemerintah menjalankan berbagai program untuk menurunkan angka kecelakaan lalu lintas anak di DIY. Salah satu program yang cukup gencar dilakukan adalah memberikan edukasi keselamatan berlalu lintas dengan mengunjungi beberapa TK dan SD di setiap kota dan kabupaten di DIY.

Selain memberikan edukasi, Gachon University juga menggalakkan kampanye menggunakan helm sejak dini dengan membagikan helm untuk anak-anak.

Harapannya, anak-anak memiliki kesadaran, helm merupakan hal penting untuk melindungi kepala, bukan hanya sekadar memenuhi kewajiban menaati peraturan lalu lintas.

Selain memberikan edukasi untuk anak-anak, Gachon University dan UGM juga memberikan edukasi kepada orang tua. Edukasi terkini dilaksanakan pada Kamis 12 Desember 2019 bertempat di Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan, Fakultas Teknik UGM.

Edukasi sosialisasi keselamatan berlalu lintas ini dihadiri oleh anggota TP PKK Kota Yogyakarta dan TP PKK Kabupaten Sleman dengan total peserta mencapai 42 orang. Narasumber pada acara ini adalah Prof Sigit Proyanto, AKBP Purn. Sulasmi, Prof Huh Eok dari Gachon University Korea dan Prof Lee Chang Woon dari Korea National University of Transportation.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Siap-Siap! Desain Paspor Bakal Berubah Tahun Ini

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement