Cuma Kabar Medsos, Anak Amien Rais Belum Dapat Restu PAN Pusat Maju Jadi Cabup Sleman

Ilustrasi Pilkada
16 Desember 2019 20:57 WIB Hafit Yudi Suprobo Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN--Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PAN Kabupaten Sleman menyatakan jika sampai saat ini belum ada surat rekomendasi resmi dari DPP PAN yang memutuskan nama Mumtaz Rais Wiryosudarmo untuk maju dalam Pilkada Sleman 2020.

Sekretaris DPD PAN Sleman Arif Kurniawan mengatakan jika DPD PAN Sleman sampai saat ini masih menunggu surat rekomendasi turun sampai di DPD. Artinya proses penjaringan nama juga masih dilakukan oleh ia dan jawatannya ke DPC. Alhasil putra politikus senior PAN Amien Rais itu belum resmi diusung sebagai bakal cabup Sleman dari PAN.

"Baru dapat dari medsos [kabar restu DPP PAN untuk Mumtaz]. Secara resmi belum mendapatkan salinan resminya," ujar Arif kepada Harianjogja.com, Senin (16/12/2019).

PAN Sleman, lanjut Arif, memang sudah membangun komunikasi dengan beberapa partai politik guna menghadapi pilkada 2020.

"Kami masih saling menjajaki dengan semua partai, komunikasi sudah dan tinggal menunggu siapa nanti yang akan ditawarkan di koalisi itu, kalau menyamakan pandangan dan persepsi sudah, tinggal nanti mungkin di kesepakatan ke depan siapa yang akan diusung," paparnya.

Sayangnya, dari hasil penjaringan yang dilakukan oleh DPD ke DPC, lanjut Arif, partai juga belum mempunyai mekanisme penyaringan dari hasil penjaringan yang dilakukan ke DPC.

"Bahkan nama hasil penjaringan bertambah tidak hanya enam, muncul juga nama perempuan, jadi sekitar 11 nama yang muncul," ujarnya.

Arif menambahkan, dari sekian nama hasil penjaringan yang telah dilaksanakan, ia dan jawatannya akan kembali menyaring hingga hanya akan ada tiga nama tersisa. "Akan kami peras menjadi tiga, dan menuju tiga nama itu mekanismenya akan kami sampaikan melalui DPW," ungkapnya.

Arif menilai Mumtaz dari sisi kapasitas juga merupakan individu yang memenuhi untuk diusung dan memenuhi syarat-syarat yang berlaku untuk diusung menjadi Cakada.

"Dia juga punya rekam jejak sebagai anggota DPR RI, walaupun ia belum pernah berkecimpung di Kabupaten Sleman tentu ini tantangan buat mas Mumtaz untuk meyakinkan warga masyarakat Sleman agar dia selaku salah satu Cakada punya kemampuan untuk bisa memajukan dan berkontribusi untuk memajukan Sleman," tutupnya.