Advertisement

Dishub Kulonprogo Cek Kelaikan Jip Wisata di Menoreh

Lajeng Padmaratri
Senin, 23 Desember 2019 - 04:17 WIB
Nina Atmasari
Dishub Kulonprogo Cek Kelaikan Jip Wisata di Menoreh Dishub Kulonprogo dan Polres Kulonprogo mengecek jip wisata di Desa Sendangsari, Kecamatan Pengasih, Jumat (20/12/2019). - Harian Jogja/Lajeng Padmaratri

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO - Dinas Perhubungan (Dishub) Kulonprogo dan Polres Kulonprogo menguji performa belasan unit jip wisata di Desa Sendangsari, Pengasih, Jumat (20/12/2019). Hal ini dilakukan untuk mengurangi risiko kecelakaan oleh kalangan wisatawan mengingat saat ini susah masuk musim liburan akhir tahun.

Dipimpin langsung oleh Kepala Dishub Kulonprogo, L. Bowo Pristiyanto, sebanyak 13 jip wisata dari komunitas Sinar Menoreh Adventure, Almon, dan Kampung Traveler diperiksa. Para penguji kendaraan dari Dishub Kulonprogo mengecek kondisi mesin, kelistrikan, sistem pengereman, roda, sabuk pengaman, dan lainnya.

Advertisement

Ketiga belas jip ini ditujukan untuk wisata ke Perbukitan Menoreh yang meliputi Kecamatan Kokap hingga Samigaluh. Kondisi perbukitan yang didominasi jalan naik dan turun serta kabut mengharuskan kondisi jip harus prima, terutama untuk sistem pengereman dan lampu.

Hasil pengecekannya, ada beberapa temuan kekurangan fasilitas pada jip, antara lain sabuk pengaman, lampu yang mati sebelah, serta ketiadaan nomor polisi pada bodi kendaraan yang sesuai ketetapan. Setelah dicek, penguji langsung menyampaikan sejumlah saran terhadap pengelola jip wisata untuk segera dilengkapi.

"Pengecekan kita tidak hanya teknis, tapi juga terkait perilaku mengemudi. Adanya sabuk pengaman belum tentu pengemudi patuh menggunakan, sehingga kita terus sampaikan advis itu," kata Bowo di sela-sela pengecekan.

Dikatakannya, pengecekan ini perlu dilakukan mengingat musim liburan sekolah yang bertepatan dengan liburan akhir tahun sudah dimulai. Jawatannya pada hari itu juga berbagi tugas untuk memasang rambu-rambu imbauan keselamatan jalan di berbagai titik.

Sementara itu, Kanit Dikyasa Satlantas Polres Kulonprogo, Iptu Tri Atmi Novi Artuti meminta pengelola angkutan wisata melengkapi kelengkapan kendaraan secepatnya. "Kalau sampai besok sudah ramai wisatawan namun kami masih menemui ada yang belum dilengkapi, akan kami tindak tegas," kata dia.

Pengelola jip wisata Sinar Menoreh Adventure, Illry Anggraito mengatakan pihaknya justru berterima kasih dengan adanya pemeriksaan ini. Ia berharap pemeriksaan seperti ini bisa dilakukan secara rutin, tak hanya ketika memasuki masa libur panjang.

"Ini akan segera kami bawa ke bengkel untuk diperbaiki," katanya. Ia menuturkan peningkatan penyewa jip sudah mulai sejak kemarin. Illry memprediksi ramainya wisatawan akan sangat melonjak pada tanggal 25 Desember mendatang.

Selain mengecek angkutan wisata, pada Senin (23/12/2019) besok, Dishub Kulonprogo akan lanjut melakukan rampcheck terhadap angkutan umum. Kir besok akan dilakukan di Terminal Wates bersamaan dengan Dinas Kesehatan yang melakukan tes urine terhadap pengemudi angkutan umum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 5 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Rumah Tersangka Korupsi Timah Harvey Moeis Digeledah Kejagung, Sejumlah Kendaraan Mewah Disita

News
| Sabtu, 20 April 2024, 10:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement