Advertisement

Sepekan Libur Nataru, Ada 29 Lakalantas di Bantul

Ujang Hasanudin
Jum'at, 03 Januari 2020 - 15:17 WIB
Arief Junianto
Sepekan Libur Nataru, Ada 29 Lakalantas di Bantul Ilustrasi tabrakan. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Selama sepekan libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru) lalu, tercatat ada 29 kali kecelakaan lalu lintas yang terjadi di wilayah Bantul. Kecelakaan lalu lintas itu dicatat selama Operasi Lilin Progo 2019 yang digelar mulai 23 Desember 2019 hingga 1 Januari 2020.

Kepala Unit Kecelakaan Lalu Lintas Satlantas Polres Bantul, Iptu Maryono, mengatakan dari total 29 kejadian itu, ada satu orang meninggal dunia dan 32 orang mengalami luka berat dengan jumlah kerugian materiel sekitar Rp4,7 juta.

Advertisement

Jika dibandingkan saat selama Operasi Lilin Progo 2018, jumlah kecelakaan tersebut meningkat, di mana jumlah kecelakaan saat 2018 hanya sebanyak 18 kasu. Hanya pada tahun lalu, jumlah korban meninggal dunia dan nominal kerugian materiel lebih banyak. “Tahun sebelumnya, ada tiga orang meninggal dunia, sedangkan kerugian materielnya mencapai Rp31,7 juta. Tahun ini jumlahnya memang banyak, namun beruntung bukan kecelakaan yang [berakibat] fatal,” ucap dia, Jumat (3/1/2020).

Maryono mengatakan kecelakaan yang terjadi selama Operasi Lilin ini didominasi oleh kendaraan roda dua atau sepeda motor. Dari jumlah kecelakaan itu, sembilan kasus kecelakaan di antaranya adalah kecelakaan tunggal. “Kalau penyebabnya karena kurang hati-hati pengendara pada saat berbelok, mendahului, dan tidak menjaga jarak aman,” ujar Maryono.

Kapolres Bantul, AKBP Wahcyu Tri Budi Sulistiyo, mengatakan faktor penyebab kecelakaan yang terjadi karena kesadaran masyarakat dalam berkendara juga dinilainya masih rendah. Pihaknya terus berupaya menekan angka kecelakaan lalu lintas dengan melakukan pengaturan di jalan, pengawalan, patroli, dan sosialisasi keamanan beralu lintas.

Selain itu sejumlah faktor lainnya adalah kondisi jalan yang halus dan lurus, tidak ada pemisah jalan, serta penerangan yang minim di sejumlah ruas jalan, seperti di Jalan Parangtritis, Jalan Bantul, Jalan Srandakan, Jalan Imogiri Timur dan Barat serta Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jadi Tersangka Korupsi, KPK Cekal Bupati Sidoarjo Pergi ke Luar Negeri

News
| Selasa, 16 April 2024, 13:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement