Trans Jogja Kembangkan Aplikasi Online untuk Pantau Keberadaan Bus

Penumpang Trans Jogja turun di halte Jalan MT Haryono, Kota Jogja. - Harian Jogja/Desi Suryanto
09 Januari 2020 20:47 WIB Sunartono Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJATrans Jogja mengembangkan aplikasi berbasis online agar posisi armada bisa dipantau lewat ponsel oleh calon penumpang. Program ini sejalan dengan upaya mengoneksikan kampus dan sekolah di DIY dengan Trans Jogja.

PT Anindya Mitra Internasional (AMI) menyambut positif rencana UGM dengan Pemda DIY yang akan mendorong Trans Jogja menjadi angkutan penghubung antarsekolah dan antarkampus.

“Kami menyambut positif karena Trans Jogja juga nanti bisa lebih menyasar ke adik-adik pelajar. Ketika anak muda ini bisa beralih ke angkutan umum otomatis mereka akan lebih mudah untuk diajak bersama-sama [menggunakan Trans Jogja],” kata Dyah Puspitasari, Direktur PT Anindya Mitra Internasional (AMI), perusahaan pelat merah daerah pengelola Trans Jogja.

Dyah mengatakan pada 2020 ini perusahaan sedang mengembangkan aplikasi pemantau untuk mengetahui keberadaan Trans Jogja. Aplikasi ini akan memberikan kepastian tunggu kepada para calon penumpang karena mereka bisa memantau lokasi bus melalui ponsel. Namun aplikasi ini masih dalam proses pembuatan karena butuh sejumlah ketentuan teknis untuk pemantau lokasi.

Dyah akan membuka lebar peluang kerja sama dengan berbagai pihak untuk penambahan fasilitas seperti halte. Keterlibatan dan dukungan banyak pihak seperti kampus dan sekolah sangat dibutuhkan karena transportasi menjadi kepentingan bersama.

PT Jogja Tugu Trans yang menjadi subpengelola Trans Jogja juga mengapresiasi rencana yang diprakarsai UGM. Namun, angkutan pengumpan yang akan disediakan oleh kampus harus sesuai dengan kondisi jalan di sekitar kampus tersebut.