Advertisement

Jika Terjadi Bencana di Jogja, Evakuasi Lansia dan Difabel Diprioritaskan

Lugas Subarkah
Jum'at, 10 Januari 2020 - 09:37 WIB
Nina Atmasari
Jika Terjadi Bencana di Jogja, Evakuasi Lansia dan Difabel Diprioritaskan Ilustrasi lansia - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Menghadapi puncak musim hujan, sebagai langkah antisipasi, Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja mengimbau masyarakat saat harus melakukan evakuasi, kelompok rentan khsusunya lansia dan difabel harus diprioritaskan.

Kepala Dinas Sosial Kota Jogja, Agus Sudrajat, menjelaskan lansia dan difabel perlu diprioritaskan dalam penyelamatan karena kemampuan mobilitasnya yang sangat terbatas. "Semoga tidak terjadi, tapi kalau harus evakuasi, diprioritaskan lansia dan didabel," ujarnya, Kamis (9/1/2020).

Advertisement

Ia menuturkan di Kota Jogja terdapat 3.437 difabel dan lebih dari 5.000 lansia yang hampir tidak mampu melakukan aktivitas apa pun, 30% diantaranya berada di lokasi rentan karena berada di bantaran tiga sungai besar, Winongo, Code dan Gajahwong.

Prioritas penyelamatan ini kata dia, sudah dikoordinasikan dengan Badan Penangfulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Jogja dan Tagana. "Meski demikian, masyarakat juga perlu tahu sehingga saat harus melakukan penyelamatan mandiri, mereka sudah siap," ujarnya.

Ia mengungkapkan untuk memfasilitasi para lansia khususnya mereka yang terlantar, pihaknya tahun ini sedang menyiapkan Griya Sejahtera Lanjut Usia (Grisela) yang saat ini telah memasuki tahap penyusunan Detail Engineering Design (DED). "Harapannya tahun 2021 Grisela sudah bisa terbangun," katanya.

Grisela kata dia, akan difungsikan untuk selain menampung lansia terlantar, juga lansia yang ditinggalkan sementara keluarganya. Ia mencontohkan semisal keluarga sedang keluar kota sehari, maka lansia bisa dititipkan di situ.

“Mimpi kami juga ada layanan privat di Grisela. Tidak salah kan bagi masyarakat yang mampu, untuk membayar. sehingga nanti kami siapkan fasilitasnya. Tapi tidak meninggalkan pelayanan wajib pada lansia terlantar tak berdaya,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement