Prihatin Agama Jadi Alat Politik, Mahasiswa ISI Pentaskan Gubernur Santa

Pentas Gubernur Santa - Istimewa
13 Januari 2020 22:27 WIB Media Digital Bantul Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Ikbal Maulana Azis, mahasiswa Jurusan Teater ISI Joggja yang mengambil konsentrasi penyutradaraan, akan mementaskan lakon Gubernur Santa sebagai tugas akhir penyutradaraan. Pentas teater akan digelar di Auditorium Jurusan Teater, Fakultas Seni Pertunjukan, ISI Jogja pada 15-16 Januari 2020 mulai pukul 19.30 WIB.

Ikbal menjadi sutradara dalam pertunjukan tersebut. Naskah yang berjudul Gubernur Santa ditulis oleh Achi Breyvi Tanggalai bercerita tentang seorang gubernur yang kejam menggunakan kekuasaannya untuk kepentingan pribadi.

“Orang-orang hidup dalam kemiskinan dan kesengsaraan serta putus asa, maka dari itu orang-orang berharap sang Santa menjadi gubernur, selanjutnya karena Santa dinilai sebagai orang yang tepat menjadi seorang gubernur, Santa menolaknya, karena dia hanya ingin menjadi santa. Hingga suatu ketika kabar ini terdengar oleh gubernur yang jahat, merasa terancam akan kedudukannya diambil alih Santa, maka dia menugaskan algojo untuk membunuh Santa. Gubernur berencana mengambil peran Santa agar terpilih menjadi gubernur selanjutnya,” kata Ikbal melalui keterangan tertulis, Senin (13/1/2020).

Ikbal harus membuat sebuah pertunjukan dengan kemasan yang menarik untuk mencapai strata satu sutradara.

“Sutradara memilih cerita ini di saat situasi Indonesia sedang marak agama menjadi salah satu alat politik untuk mendukung kepentingan pribadi. Pertunjukan ini dikemas dengan latar belakang religi, diiring lagu-lagu yang merdu,” kata dia.