Ketua DPR Puan Maharani Sampai Turun Tangan Selesaikan Masalah Klithih di Jogja

Puan Maharani. - ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
20 Januari 2020 18:37 WIB Sunartono Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) memberikan dukungan kepada Pemda DIY untuk memperluat ketahanan keluarga untuk mencegah terjadinya kekerasan jalanan atau lazim disebut klithih.

Ketua DPR RI Puan Maharani menjelaskan pihaknya membahas sejumlah persoalan saat bertemu dengan Gubernur DIY Sri Sultan HB X, salah satunya terkait klithih. Dalam konteks penanganan ini DPR RI siap bersinergi dengan Pemda DIY dalam rangka penguatan ketahanan keluarga. Harapannya, keluarga dalam hal ini orang tua memberikan perhatian kepada anak-anaknya agar tidak melakukan tindakan negatif.

“Termasuk itu [klithih] juga kami bicarakan sudah dilakukan penanganan secara menyeluruh oleh Gubernur [DIY] bersama jajarannya. [Kami] Akan bersama bersinergi agar penanganan keluarga diperkuat, bagaimana keluarga menjadi tiang sehingga anak-anak mendapatkan perhatian dari orangtua dan lingkungannya, jadi jangan kemudian [anak] dibiarkan sendiri tidak mendapatkan perhatian sebagaimana yang diharapkan,” kata Puan di Kompleks Kantor Gubernur DIY, Senin (20/1/2020) sore.

Sejalan dengan itu, Puan menaruh harapan besar kepada DIY yang menjadi tujuan banyak pemuda untuk menempuh pendidikan, agar tetap aman.

“Kami berharap situasi adem ayem kondusif sebagai kota pelajar, kota pendidikan, provinsi yang selalu menjadi tempat yang diinginkan untuk didatangi anak muda Indonesia, bersekolah meraih penddiikan, Jogja harus menjadi barometer seluruh provinsi di Indonesia,” katanya.