11 Remaja di Rombongan Pelaku Klithih yang Tewaskan Dio di Bantul Dihukum Ikut Pengajian

Kapolres Bantul AKBP Wachyu Tri Budi Sulistiyono menunjukan tersangka dan barang bukti kejahatan jalanan yang menewaskan Fatur Nizar Rakadio di Mapolres Bantul, Selasa (14/1/2020)-Harian Jogja - Ujang Hasanudin
17 Januari 2020 20:37 WIB Ujang Hasanudin Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL-Sebanyak 11 remaja yang ikut dalam rombongan pelaku penganiayaan hingga menewaskan Fatur Nizar Rakadio, 16, dibina polisi selama dua pekan.

Pembinaan meliputi mental, kepribadian, fisik, hingga pembinaan rohani, bahkan mereka diminta ikut pengajian dan mendoakan korban.

Kepala Satua Pembinaan Masyarakat (Binmas) Polres Bantul, AKP Partuti mengatakan proses pembinaan yang dilakukan satuannya terhadap 11 remaja itu berlangsung selama sepekan, “Setelah pembinaan di Binmas mereka masih dikenakan apel,” kata Partuti, Jumat (17/1/2020).

Partuti mengatakan ke-11 premaja itu tiga di antaranya sudah putus sekolah dan bekerja serabutan. Sementara sisanya sekolah di beberapa sekolah di wilayah Bantul dan Jogja. Ada yang di SMP, SMK, dan SMA. “Ada dua siswa yang keluarganya sudah cerai, satu siswa orang tua pisah tapi belum cerai, satu siswa tinggal bersama kerabatnya,” kata Partuti.

Selama pembinaan berlangsung, kata Partuti, 11 remaja mengikuti kegiatan apel di Polres, latihan baris-berbaris, hingga pengajian. Setelah itu pihaknya menyerahkan kepada keluarganya. “Tapi tetap masih kami pantau,” kata Partuti.