DPRD: Penanganan Antraks di Gunungkidul Cukup Baik

28 Januari 2020 00:57 WIB Muhammad Nadhir Attamimi Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL - Anggota Komisi D DPRD Kabupaten Gunungkidul, Gunawan mengapresiasi langkah pemerintah kabupaten dalam melakukan penanganan antraks yang terjadi belakangan ini. Ia menilai, kinerja dinas terkait selama ini cukup tanggap dalam merespon laporan warga.

"Sejauh ini penanganannya [antraks] yang cukup baik dari dinas terkait DPP [Dinas Pertanian dan Pangan] Dinas Kesehatan, Puskeswan semua berjalan dengan baik dan sudah cukup tanggap," kata Gunawan, Anggota Komisi D Gunawan kepada Harian Jogja pada Senin (27/1/2020).

Menurut dia, adanya kasus antraks memang membuat masyarakat resah. Sebab, memiliki dampak yang cukup terasa, terlebih disektor ekonomi. "Munculnya antraks ini banyak yang kena imbasnya seperti penjual daging, penjual bakso dan olahan daging lainnya," ujarnya.

Ia meminta agar saat ini perlu dipikirkan bagaimana upaya preventif harus terus diperkuat agar kasus serupa tidak muncul lagi. "Kalau penanganan [saat terjadi] costnya tinggi, tapi lebih hemat kalau kita melakukan upaya preventif sejak awal," ujarnya.

Salah satu upaya preventif yang perlu dilakukan kedepan yakni memperketat lalulintas ternak yang masuk dan keluar dari Gunungkidul. "Bagaimana upaya kita untuk memvilter hewan ternak yang keluar masuk dengan baik, seperti pos [lalulintas ternak] dihidupkan kembali," ujarnya.