Advertisement

Sambut YIA, Sultan: Jogja Heboh Wajib Dikembangkan

Abdul Hamied Razak
Senin, 03 Februari 2020 - 22:07 WIB
Arief Junianto
Sambut YIA, Sultan: Jogja Heboh Wajib Dikembangkan Gubernur DIY Sri Sultan HB X. - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Gubernur DIY, Sri Sultan HB X meminta agar Jogja Heboh terus dikembangkan. Hal ini dilakukan untuk merespons peresmian beroperasinya bandara YIA oleh presiden pada April mendatang.

Menurut Sultan, jika YIA sudah diresmikan maka pintu masuk ke DIY akan terbuka lebih lebar. Itulah sebabnya, Jogja Heboh harus digarap lebih serius, acara dan kegiatannya harus semakin banyak agar bisa memuaskan para turis. "Dengan begitu diharapkan turis yang berlibur di Jogja akan semakin lama tinggal di DIY," kata Sultan saat membuka Jogja Heboh 2020 di Tebing Breksi, Desa Sambirejo, Sleman, Minggu (2/2/2020).

Advertisement

Dalam kesempatan tersebut Sultan mengatakan Pemda DIY menyiapkan lahan 1.500 meter persegi di Bandara YIA untuk menampung produk UMKM DIY. Tentunya, lanjut Sultan, produk UMKM yang bisa masuk ke YIA harus memenuhi standar pasar internasional. Pemda katanya, sudah memiliki kesepakatan dalam negosiasi bahwa YIA dan jalan tol yang dibangun di DIY ikut membangun pertumbuhan ekonomi Jogja, bukan mematikan UMKM. "Harapan saya, UMKM bisa naik kelas dan ada desain center dengan variasi agar produk DIY menjadi pilihan konsumen," kata Sultan.

Platform Aplikasi

Ketua Panitia Jogja Heboh 2020, HR Gonang Juliastono mengatakan banyak pihak mendukung digelarnya event tersebut. Mulai dari PHRI, ASITA hingga pusat perbelanjaan modern mengikuti dalam program yang digelar hingga 29 Maret mendatang. "Berbagai penawaran menarik diberikan melalui platform aplikasi JogjaKita," katanya.

Penggunaan JogjaKita, kata Gonang, bertujuan agar masyarakat diberikan kemudahan bertransaksi nontunai menggunakan satu aplikasi. Dengan tagline JogjaKita Cashless, diharapkan wisatawan Jogja kini sudah tidak perlu lagi membawa uang cash untuk melakukan transaksi jual beli, melainkan cukup dengan menggunakan aplikasi JogjaKita.

"Seluruh mal, hotel, restoran di Jogja memberi diskon selama Jogja Heboh berlangsung. Kami sudah cek ternyata lebih murah daripada platform payment gateway yang ada saat ini," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Darurat, Kasus Demam Berdarah di Amerika Tembus 5,2 Juta, 1.800 Orang Meninggal

News
| Jum'at, 19 April 2024, 20:27 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement