Advertisement

GANN Sosialisasi Antinarkoba Melalui Senam Bersama

Nina Atmasari
Kamis, 06 Februari 2020 - 00:47 WIB
Nina Atmasari
GANN Sosialisasi Antinarkoba Melalui Senam Bersama Kunjungan Pengurus GANN DPD DIY ke Harian Jogja, Rabu (5/2/2020). - Harian Jogja/Nina Atmasari

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Kasus penyalahgunaan narkotika dan obat terlarang (narkoba) di DIY menjadi perhatian banyak kalangan. Dalam upaya menekan terjadinya kasus tersebut, Generasi Anti Narkoba Nasional (GAN) DIY akan mengadakan penyuluhan dan pencegahan narkoba melalui kegiatan senam bersama.

Pembina GANN DIY, K.R.A.P. Eri Ratmanto mengungkapkan kasus narkoba di DIY tergolong memprihatinkan karena angkanya tergolong tinggi di tingkat nasional padahal wilayah ini terkenal sebagai kota pelajar dan kota budaya.

Advertisement

"Dari sekitar 600 penghuni Lapas Narkoba di Pakem Sleman, mayoritas merupakan generasi muda. Bahkan ada penghuninya yang seorang mahasiswa, esok harinya mau wisuda, hari ini ia ditangkap karena narkoba dan kena pidana 10 tahun. Tentu sangat disayangkan, dan betapa kecewanya orang tuanya," jelas dia, ketika beraudiensi di Harian Jogja, Rabu (5/2/2020).

Menurut dia, mereka yang terlibat kasus narkoba adalah korban dan bukan penjahat sehingga upaya penanganan mestinya dilakukan berbasis menolong. Upaya penanganan perlu dilakukan oleh semua pihak dengan cara gerak bersama.

Ketua DPD GANN DIY, Kris Triwanto menambahkan sebagai upaya mendukung gerakan tersebut, GANN mengadakan kegiatan senam bersama dan sosialisasi tentang narkoba kepada warga Karanganyar Kelurahan Brontokusuman, Mergangsan. "Kami sengaja memilih lokasi ini sesuai permintaan warga, sebab masyarakat setempat sangat rawan mengalami kasus penyalahgunaan narkoba," jelasnya.

Sekretaris GANN DIY, K. Herman Setiawan mengatakan jenis kegiatan dipilih senam massal karena sesuai potensi warga setempat. Pihaknya merasa perlu mendukung kegiatan positif yang sudah dilaksanakan warga, dan bukan mengadakan satu kegiatan asing yang dikhawatirkan malah akan menyulitkan warga untuk melakukannya.

"Ini kegiatan pertama GANN DIY, nanti kegiatan akan dievaluasi dan hasilnya menjadi bahan pertimbangan kegiatan selanjutnya," katanya.

Kegiatan yang akan digelar pada Minggu (9/2) ini bertempat di Taman Inspirasi Code Selatan. Dimeriahkan dengan pentas seni, panitia menargetkan sedikitnya 200 orang akan hadir

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement