Advertisement

Sebagian Lahannya Diterabas Tol Jogja-Solo, Amikom Malah Merasa Diuntungkan

Rahmat Jiwandono
Kamis, 06 Februari 2020 - 17:47 WIB
Budi Cahyana
Sebagian Lahannya Diterabas Tol Jogja-Solo, Amikom Malah Merasa Diuntungkan Ilustrasi pembangunan jalan tol. - JIBI/Bisnis Indonesia/Abdullah Azzam

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Tol Jogja-Solo akan memakai sebagain lahan Universitas Amikom Yogyakarta di sebelah Ring Road Utara, Sleman. Rektor Universitas Amikom Yogyakarta, Profesor Suyanto, tak mempersoalkan penggunaan lahan kampus yang dia pimpin untuk jalan tol. Menurutnya, Amikom justru  akan diuntungkan dengan adanya Tol Jogja-Solo.

Suyanto mengatakan lahan kampus yang akan dilewati tol tidak terlalu banyak, hanya sekitar delapan meter serta dikalikan dengan lebar halaman yang dibutuhkan.

Advertisement

Dengan adanya tol yang lewat di depan kampus, menurutnya masyarakat bisa melihat secara langsung tulisan Universitas Amikom Yogyakarta.

“Sehingga kampus sedikit diuntungkan. Selain itu, lahan kampus yang akan dibangun jalan tol juga menjadi wujud komitmen kami untuk mementingkan masyarakat. Artinya kami tidak mementingkan diri sendiri,” ujarnya.

Terpisah, Rektor UPN Veteran Yogyakarta, Irchas Effendy, mengatakan rencana pembangunan jalan Tol Jogja-Solo bertepatan dengan tahapan penyusunan masterplan kampus.

“Tidak ada kendala berarti yang dialami oleh kami ketika mengetahui menjadi salah satu institusi terdampak tol,” kata dia.

Namun, UPN akan mengecek dan mengkaji seberapa jauh dampak tol terhadap kampus. Ia mengantisipasi jangan sampai patung yang menjadi ikon universitas hilang.

“Bagian kampus kami yang terkena adalah gedung resimen mahasiswa (menwa), beberapa ATM, dan pos satpam, kalau sampai yang terdampak sekitar 10 meter saja,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement