Advertisement

Lajur di Ring Road Utara Bisa Berubah setelah Jalan Tol Jogja Berdiri

Newswire
Kamis, 06 Februari 2020 - 21:37 WIB
Bhekti Suryani
Lajur di Ring Road Utara Bisa Berubah setelah Jalan Tol Jogja Berdiri Ilustrasi jalan tol. - Bisnis Indonesia/Nurul Hidayat

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN--Ring Road Utara bakal terdampak pembangunan jalan tol Jogja-Solo dan Jogja-Bawen. Lajur yang ada di jalan nasional itu kemungkinan bisa berubah.

Bangunan-bangunan yang berada di pinggir Jalan Ring Road Utara bakal terdampak saat proses pembangunan jalan tol Jogja-Solo.

Advertisement

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Satker Pelaksanaan Jalan Bebas Hambatan (PJBH) Yogya-Solo dan Yogya-Bawen, Wijayanto mengatakan bangunan-bangunan yang terdampak akan dikembalikan fungsinya ketika proyek rampung.

"Bangunan seperti Polda DIY dan kampus-kampus pasti terdampak karena jaraknya 10 meter dari sisi jalur lambat. Tapi terdampaknya pada saat pelaksanaan (pembangunan). Nanti kalau sudah mulai jadi jalan tol dielevasi jadi di atas nanti akan dikembalikan ke fungsinya yang normal," kata Wijayanto seusai sosialisasi pengadaan tanah untuk jalan tol di Balai Desa Tlogoadi, Kecamatan Mlati, Sleman, Kamis (6/2/2020).

Pengembalian fungsi itu termasuk juga Ring Road di bawah jalan tol. Nantinya jalan Ring Road akan dipakai lagi. Namun, saat proses pembangunan untuk sementara Ring Road akan ditutup dan dibuatkan akses baru agar kendaraan bisa melintas.

"Bawahnya (jalan) juga dipakai lagi. Tapi (jalan) dipakai untuk pekerjaan fisik (tol) karena nanti harus ada pengeboran.

Pekerjaan di tengah itu kan nanti ada tiang-tiang dan itu mengganggu kanan kiri kalau tidak dibebaskan dulu, tiangnya dibikin dulu kalau sudah selesai dikembalikan lagi fungsinya (jalan)," jelasnya.

"Untuk menghindari kemacetan, dilebarkan sedikit, untuk jalan dulu. Mungkin jalur lambatnya kita hilangkan untuk kita pakai. Setelah jadi semua akan kita kembalikan fungsinya semua," lanjutnya.

Pihaknya juga belum bisa menentukan apakah nantinya setelah proses pembangunan tol Jogja-Solo selesai, Ring Road Utara tetap ada enam lajur atau tidak.

"Jalur lambat dihilangkan? Ya tergantung nanti. Kan atasnya sudah ada jalan tol bawahnya nanti sesuai perhitungan lalu lintasnya. Harus dibikin jalur cepat dan lambat atau dijadikan satu. Karena nanti dua-duanya (jalur) difungsikan," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Detik.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Iran Serang Israel, Korea Selatan Keluarkan Peringatan Perjalanan

News
| Selasa, 16 April 2024, 14:27 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement