Malioboro Bebas Kendaraan Bakal Diterapkan saat Akhir Pekan

Warga berekspresi dan berfoto saat Uji Coba Semi Pedestrian Jalan Malioboro di Jalan Malioboro, Jogja, Selasa (18/6). - Harian Jogja/ Gigih M. Hanafi
06 Februari 2020 19:57 WIB Sunartono Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Pemerintah sedang berupaya mencari formulasi yang tepat untuk pemberlakuan Malioboro bebas kendaraan secara penuh. Oleh karena itu uji coba dilakukan tanpa menggunakan nama hari pasaran tertentu seperti halnya Selasa wage.

Pemerintah akan melakukan uji coba pada momentum tertentu seperti weekend maupun jenis liburan lainnya. Penutupan Malioboro dari kendaraan bermotor kembali digelar pada Jumat (7/2/2020) sejak pukul 09.00 WIB hingga 21.00 WIB.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Jogja Agus Arif Nugroho menjelaskan dalam menentukan hari uji coba penutupan kawasan Malioboro ini pihaknya sengaja tidak mengambil hari pasaran tertentu. Karena sedang melakukan uji coba dengan mengambil semua momentum baik saat liburan maupun hari biasa.

“Kami sengaja tidak pakai nama pasaran, khawatir nanti dikira menetapkan suatu hari, karena kami baru uji semua hari dan momentum, Jumat seperti apa, Sabtu seperti apa, Minggu, pas liburan seperti apa [hasil analisa dampak dan penanganannya]. Masih banyak hal untuk mengambil suatu kesimpulan data,” katanya Kamis (6/2/2020).

Ia menambahkan uji coba itu dilakukan untuk melihat sekaligus mencari alternatif rekayasa arus lalu lintas. Mengingat saat Malioboro ditutup terjadi peningkatan volume kendaraan di sejumlah jalan penopang. Salah satu alternatif yang sedang terus dikaji antara lain pemberlakukan sejumlah jalan menjadi satu arah.

“Volume pasti meningkat, sehingga harus seperti apa yang dilakukan ketika Malioboro ditutup, rekayasanya seperti apa, di mana yang direkayasa searah, itu hal teknis yang disiapkan,” katanya.

Adapun untuk penutupan kendaraan bermotor kembali digelar pada Jumat (7/2/2020) sejak pukul 09.00 WIB hingga 21.00 WIB. Pada penutupan kali pedagang kaki lima tetap diperbolehkan berjualan di kawasan Malioboro, sehingga berbeda saat Selasa Wage. Penutupan Malioboro selain pasaran Selasa wage baru sekali dilakukan yaitu pada Selasa di Desember 2019 lalu disusul Jumat (7/2/2020) yang kedua kalinya.