On Off Tol Jogja-Solo Menyatu dengan Ring Road

Ilustrasi jalan tol. - JIBI/M. Ferri Setiawan
07 Februari 2020 12:37 WIB Abdul Hamied Razak Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN- Jalan tol yang dibangun di atas Ring Road dilengkapi empat on off. Desain keempat on off tersebut menyatu dalam Ring Road.

Staff Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Satker Pelaksana Jalan Bebas Hambatan (PJBH) Tol Jogja-Solo Galih Alfandi menjelaskan on off di wilayah Maguwoharjo misalnya jaraknya sekitar 1,5 km. Adapun kebutuhan bentang jalan untuk on off kurang dari 60 meter. "Rata-rata panjang on off sekitar 1,5 km. Nanti kendaraan baik yang keluar maupun yang masuk ke jalan bisa langsung dari Ring Road," katanya kepada Harian Jogja, Kamis (6/2/2020).

Di sepanjang Ring Road, selain on off Maguroharjo, terdapat on off UPN (Depok). Jarak antara keduanya 2,6 km. Selain kedua on off tersebut, dibangun pula on off di Monjali. Jarak antara on off UPN dengan on off Monjali (Ngaglik) sekitar 2,8 km.

Namun belakangan, Pemda DIY meminta ada perubahan desain untuk persimpangan Monjali. Pemda DIY meminta agar jalan tol tidak dibuat melayang di atas Ring Road, tetapi at grade.

Setiba di persimpangan underpass Kentungan, kata Galih, jalan tol masih berada di atas Ring Road. Kemudian secara bertahap jalan tol dibuat menurun (at grade). Setelah melewati persimpangan Monjali, jalan tol kemudian kembali dibangun melayang berada di sisi Selatan fly over Jombor. "Nanti jalan tol sejajar dengan fly over Jombor. Dibangun elevated sampai nanti bertemu on off Trihanggo," katanya.

Sementara on off terakhir yang dibangun berada di Trihanggo (Gamping), jarak bentang dengan on off Monjali sekitar 3,35 km. Kemudian pembangunan jalan tol untuk Jogja-Solo berhenti di junction Sleman yang berjarak sekitar 3,2 km dari on off Trihanggo. "Sejak dari Maguwoharjo, jalan tol dibangun melayang. Kemudian ada on off di kanan dan kiri jalan. Begitu juga di on off UPN," katanya.

Desain Final

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Satker Pelaksanaan Jalan Bebas Hambatan (PJBH) Jogja-Solo dan Jogja-Bawen, Totok Wijayanto mengatakan untuk panjang jalan tol yang dibuat at grade di seputaran Monjali sekitar 1,5 km hingga 1,8 km. Hal itu berdampak pada bertambahnya luas lahan terdampak.

Menurut Totok, pembangunan jalan tol di Ring Road berdampak juga dengan pelebaran jalan Ring Road. Pelebaran jalan antara tiga hingga empat meter. Hanya saja saat pembangunan jalan tol di lakukan keberadaan jalur lambat yang ada saat ini untuk sementara dijadikan satu dengan jalur cepat. "Kalau jalan tol sudah selesai dibangun maka akan dikembalikan ke fungsi semula," katanya.

Sekadar diketahui, lebar jalan yang dibutuhkan untuk pembangunan jalan tol di atas Ring Road antara 30 hingga 70 meter dengan lebar jalan tol 24,8 meter. Jalan tol ini akan dilengkapi dengan empat lajur.