Advertisement

Vaksin Polio di Gunungkidul Kosong, Warga Harus Menunggu hingga April

Muhammad Nadhir Attamimi
Senin, 10 Februari 2020 - 18:12 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Vaksin Polio di Gunungkidul Kosong, Warga Harus Menunggu hingga April Ilustrasi vaksin. - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Gunungkidul kehabisan stok vaksin polio atau inactivated poliovirus vaccine (IPV) bantuan dari Pemerintah Pusat. Kekosongan terjadi sejak September 2019. Dinas Kesehatan (Dinkes) Gunungkidul memastikan pengadaan stok baru diperkirakan baru dimulai April 2020.

Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Dinkes Gunungkidul, Niken Widyawati, mengungkapkan jajarannya tak bisa berbuat banyak dengan kekosongan vaksin polio. Sebab, semua kebijakan pengadaan ada di tangan Pemerintah Pusat.

Advertisement

"Sejak September tahun lalu IPV kosong. Kami tidak bisa mengadakan vaksin sendiri dan harus menunggu kiriman dari Pusat. Jadi jika pengadaan di Pusat berhenti, otomatis kami juga tak memiliki stok," kata Niken saat ditemui di ruangan kerjanya, Senin (10/2/2020).

Ia menuturkan salah satu pemicu kekosongan stok yakni adanya perubahan dalam pemesanan di e-Katalog, sehingga pemesanan harus diulang. Saat ini Dinkes hanya bisa menunggu pengadaan baru yang diperkirakan dilaksanakan April 2020.

Akibat adanya kekosongan vaksin, kata Niken, Pemda DIY memberikan kebijakan kepada pihak swasta seperti dokter, bidan, hingga klinik untuk mengadakan vaksin secara mandiri. "Sehingga vaksin polio berbayar," ujarnya.

Kepala UPT Puskesmas Patuk 1, Emilia Arum Pratiwi, menyatakan warga yang ingin memvaksin anaknya bisa vaksin secara mandiri. "Kami masih menunggu [kiriman vaksin gratis], jadi sekarang warga yang ingin vaksin polio dengan inisiatif sendiri bisa vaksin secara mandiri dengan biaya sendiri. Vaksin IPV memang mahal," ujarnya.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jokowi Minta Prabowo-Gibran Persiapakan Diri Usai Ditetapkan KPU

News
| Rabu, 24 April 2024, 12:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement