UNY Siap Bantu Sukseskan Pilkades Sleman 2020

ilustrasi. - dok
11 Februari 2020 04:27 WIB Rahmat Jiwandono Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN - Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) merupakan satu dari tujuh kampus yang digandeng pemerintah kabupaten Sleman untuk menyukseskan pemilihan kepala desa (pilkades). Pilkades kali ini menggunakan sistem elektronik atau e-voting.

Pilkades akan dilaksanakan pada 29 Maret 2020 di 49 desa, 718 padukuhan,dan 17 kecamatan. Peran universitas dalam pilkades adalah menyediakan tenaga pendukung yang terdiri dari Koordinator Lapangan (Korlap) dan Tim Teknis Lapangan (TTL).

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UNY, Profesor Suyanta menjelaskan, sebanyak 176 mahasiswa UNY yang bertugas sebagai TTL di pilkades Sleman bisa membawa diri, dengan tidak melupakan aturan, etika dan sopan santun dalam melaksanakan tugas. Tugas ini merupakan salah satu penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pengabdian kepada masyarakat.

"Tidak hanya kerjasama terkait dukungan teknis saja dalam hal ini TTL namun Pemkab Sleman juga mempercayakan kepada LPPM UNY untuk melakukan tes akademik bagi desa yang calonnya lebih dari lima orang," katanya, Senin (10/2/2020).

Ketua Pusat Pengembangan dan Pelayanan Pengujian dan Kuliah Kerja Nyata (KKN) LPPM UNY, Profesor Sudji Munadi mengatakan, bahwa pelaksanaan e-voting pilkades di Bumi Sembada serentak pada tanggal 29 Maret 2020 mendatang terdapat 1.102 Tempat Pemungutan Suara (TPS). Pihaknya juga menerjunkan lima dosen sebagai koordinator lapangan yang berasal dari Fakultas MIPA dan Fakultas Teknik. Setiap TPS akan didampingi dua orang TTL.

Sudji menyampaikan, informasi terkait dengan mekanisme pelaksanaan e-voting dan tugas TTL dan Korlap dalam pelaksananaan Pilkades Sleman tahun 2020 bahwa rangkaian kegiatan yang akan dilalui oleh TTL dan Korlap, selanjutnya akan dilakukan kegiatan pelatihan TTL pada 19-20 Februari 2020, dan perlatihan Korlap pada tanggal 15 Februari 2020 di Universitas Akakom.

Sekretaris LPPM, Profesor Siti Irene Astuti menambahkan, pelaksanaan e-voting Pilkades Sleman ini merupakan pekerjaan sistemik. Tugas TTL dan korlap penting sebagai salah satu elemen pelaksanaan e-voting. "Oleh karena itu, TTL dan korlap diharapkan mengikuti tahapan persiapan e-voting Pilkades Sleman ini dengan sungguh-sungguh diantaranya pelatihan TTL dan korlap, dan bekerja secara sinergi dengan elemen yang lain," ujarnya.