Advertisement

PILKADES SLEMAN: 147 Kandidat Bakal Calon Kepala Desa Mendaftar

Hafit Yudi Suprobo
Minggu, 02 Februari 2020 - 22:47 WIB
Arief Junianto
PILKADES SLEMAN: 147 Kandidat Bakal Calon Kepala Desa Mendaftar Ilustrasi staf desa. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Sebanyak 147 warga mengajukan diri maju sebagai bakal calon kepala desa ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Sleman. Saat ini, tahapan pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) dengan sistem e-voting di Sleman mulai memasuki tahap pendaftaran calon.

Kepala Bidang Pengembangan Kelembagaan dan Aparatur Desa DPMD Sleman, Agung Endarto, menjelaskan dari 147 pemohon masih ada satu wilayah yang masih nihil pendaftar. "Di Desa Sumbermulyo, Kecamatan Godean hanya ada satu bakal calon yang mengambil formulir pendaftaran," ujar Agung, Minggu (2/2/2020).

Advertisement

Sampai saat ini, kata Agung, baru satu calon yang mengambil formulir pendaftaran bakal calon kepala desa ke DPMD Sleman. Apabila hingga akhir masa pendaftaran pada Selasa (4/2/2020) jumlah pendaftar belum bertambah, gelaran pilkades di Desa Sumbermulyo bakal ditunda. "Berdasarkan peraturan undang-undang, calon di satu desa minimal harus dua. Kalau hanya satu, dengan terpaksa harus ditunda tahun depan," katanya.

Agung menjelaskan saat ini jajarannya menggencarkan sosialisasi pelaksanaan pilkades dengan sistem e-voting ke seluruh desa di Sleman. "Kami [DPMD] menargetkan sosialisasi bisa segera selesai," katanya.

Sesuai tahapan, bakal calon kepala desa yang telah mendaftarkan diri ke DPMD Sleman bakal melalui tahapan penyaringan. Adapun, aspek penilaiannya dihitung dari 60% peran di masyarakat serta 40% dari hasil tes.

Sebelumnya, Komisi A DPRD Sleman menargetkan partisipasi pilkades yang dilaksanakan serentak di 49 desa di Sleman pada Maret 2020 bisa menyentuh angka 80% sampai 90%. Ketua Komisi A DPRD Sleman, Ani Martanti, mengatakan jumlah keaktifan masyarakat ini berdasarkan dari total keseluruhan daftar pemilih tetap (DPT) yang ada di Sleman. "Sesuai hasil verifikasi penyelenggara pilkades, jumlah DPT yang masuk terhitung sekitar 444.828 pemilih. Jumlah itu tersebar di 49 desa dan terbagi pada 1.102 TPS," ujarnya.

Komisi A juga menggelar inspeksi terkait dengan tahapan pilkades serentak ini. Sayangnya, berdasarkan sidak yang dilakukan tingkat keaktifan masyarakat dalam mengikuti proses sosialisi pilkades masih rendah. "Sosialisasi pilkades yang digelar di Kecamatan Cangkringan bahkan hanya dihadiri 60 persen DPT yang ada di wilayah itu. Faktornya karena waktu sosialisasi dinilai berbarengan dengan jam kerja dan masyarakat masih banyak yang berada di ladang," katanya.

Dari hasil pemantauan Komisi A di sebagian desa di Sleman, rata-rata calon pemilih sudah paham dan siap mengikuti pilkades dengan sistem e-voting. "Tingkat pemahaman masyarakat dalam pilkades tahun ini terbilang cukup baik. Mereka juga menganggap pilkades dengan sistem e-voting lebih mudah dibanding pemilu maupun pilpres," katanya.

Ani menilai penyelenggara pilkades yakni Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa (PMD) Sleman sudah memepersiapkannya dengan cukup baik terkait dengan sarana dan prasarana pelaksanaan pilkades dengan sistem e-voting. "Kami lihat persiapannya cukup bagus. Terkait dengan human error sudah ada antisipasi," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jokowi Minta Prabowo-Gibran Persiapakan Diri Usai Ditetapkan KPU

News
| Rabu, 24 April 2024, 12:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement