Advertisement

YIA Beroperasi Penuh 29 Maret, Nasib Tiket dari Adisutjipto?

Newswire
Rabu, 12 Februari 2020 - 11:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
YIA Beroperasi Penuh 29 Maret, Nasib Tiket dari Adisutjipto? Suasana terminal keberangkatan dan kedatangan di Yogyakarta International Airport, Kecamatan Temon, Jumat (7/6/2019).-Harian Jogja - Hafit Yudi Suprobo

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJAPenerbangan dari Bandara Internasional Adisutjipto akan dipindahkan ke Yogyakarta International Airport (YIA). Kendati demikian, para calon penumpang pesawat tak perlu khawatir tiket yang sudah dipesan jauh-jauh hari hangus.

Hal tersebut disampaikan Pemda DIY melalui akun resmi Instagram @humasjogja. Dalam unggahannya, Selasa (11/2/2020), Pemda DIY membagikan infografis pemindahan penerbangan dari Bandara Adisutjipto (JOG) ke Bandara YIA. Menurut jadwal yang disertakan, penerbangan ke dalam dan luar negeri dari Bandara Adisutjipto akan dipindah ke YIA per 29 Maret 2020 mendatang.

Advertisement

Pada tanggal itu pula, Bandara YIA akan mulai beroperasi secara penuh. Rencana pemindahan ini, disebutkan Pemda DIY, merupakan tindak lanjut dari rapat progres proyek pembangunan YIA pada 10 Januari 2020.

Menurut keterangannya, semua penerbangan akan dipindah, kecuali untuk pesawat propeller dan penerbangan tak berjadwal seperti private jet. Kedua macam penerbangan itu tetap akan dilakukan di Bandara Adisutjipto.

Di samping pemindahan penerbangan, Pemda DIY juga memberi tahukan jadwal perubahan jam operasi YIA serta Bandara Adiutcjipto. "Jam operasi Bandara YIA, yang semula 06.00-18.00 WIB, menjadi 24 jam, sementara Bandara Adisutjipto (JOG), yang semula 05.00-21.00 WIB, menjadi 05.00-18.00 WIB," tulisnya.

Berbagai pertanyaan pun diutarakan warganet terkait pemindahan penerbangan ini. Di antaranya soal tiket yang sudah dipesan jauh hari, di mana keberangkatan telah dijadwalkan dari Bandara Adisutjipto.

"Tiketku hangus nih," tulis @errypangestu.

Pemda DIY kemudian menjawab kekhawatiran warganet tersebut, dengan menuliskan, "Tenang saja lur, tiket yang dipesan jauh hari untuk penerbangan di Adisucipto akan switch over [dialihkan] ke bandara YIA. Jadi, tiketnya tidak hangus."

Sebelumnya SuaraJogja.id telah melaporkan, menurut Pelaksana Tugas Sementara (PTS) General Manager PT Angkasa Pura I Bandara YIA Agus Pandu Purnama, pihaknya berencana melaksanakan pemindahan penerbangan dari Bandara Internasional Adisutjipto ke YIA pada 29 Maret 2020 mendatang.

Ke depannya, YIA akan beroperasi selama 24 jam penuh setiap harinya. Sedangkan, Bandara Adisutjipto akan beroperasi selama 12 jam dan hanya melayani 16 pergerakan pesawat propeller dan 'general aviation'.

Pemda DIY juga menyiapkan beragam jenis transportasi menuju ke YIA. Moda transportasi yang disiapkan, salah satunya adalah kereta api, yang menghubungkan Stasiun Maguwo Yogyakarta hingga Stasiun Wojo Purworejo. Tiket kereta dipatok sebesar Rp30.000 hingga Rp40.000.

Selain kereta, juga disediakan transportasi lain, seperti shuttle bus Damri dan taksi. Untuk bus Damri menuju bandara, dikenakan tarif sebesar Rp40.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

SYL Bebani Anak Buah di Kementan Rp800 Juta untuk Jalan-jalan ke Brasil dan AS

News
| Rabu, 08 Mei 2024, 18:27 WIB

Advertisement

alt

Grand Rohan Jogja Hadirkan Fasilitas Family Room untuk Liburan Bersama Keluarga

Wisata
| Senin, 06 Mei 2024, 10:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement