SD Muhammadiyah Miliran Gelar Milad ke-39

Penampilan tarian siswa dalam Milad ke-39 SD Muhammadiyah Miliran Kota Jogja, Minggu (16/2/2020). - Harian Jogja/Sunartono.
17 Februari 2020 10:27 WIB Sunartono Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA - SD Muhammadiyah Miliran Kota Jogja (Moemilta) menggelar sejumlah rangkaian kegiatan dalam perhelatan Milad ke-39 di Kompleks sekolah setempat, Jalan Kenari, Umbulharjo, Kota Jogja, Minggu (16/2/2020). Kegiatan itu diisi dengan berbagai macam penampilan seni para siswa, bazar usaha mikro kecil menengah (UMKM) dari kalangan orangtua siswa hingga pemeriksaan kesehatan.

Kepala SD Muhammadiyah Miliran Kota Jogja (Moemilta) Ani Sulistyaningsih menjelaskan kegiatan rangkaian milad ke-39 ini mengangkat tema 'Memajukan Indonesia, Mencerahkan Semesta'. Di mana sebagai lembaga pendidikan di bawah naungan Muhammadiyah terus berupaya untuk memberikan kontribusi kepada masyarakat dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Pihaknya berupaya meningkatkan kualitas lulusan dengan berbagai program di sekolahnya.

"Kami akan terus mempertahankan kepercayaan kepada masyarakat sebagai salah satu lembaga pendidikan untuk terus mencetak kader bangsa yang berprestasi gemilang, berakhlak mulia serta menyumbangkan lulusan cerdas, tangguh dan berprestasi," katanya di sela-sela pelaksanaan Milad ke-39, Minggu (16/2/2020).

Perayaan milad itu dihadiri perwakilan Dinas Pendidikan Kota Jogja, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Jogja, sejumlah tokoh masyarakat, siswa, orangtua dan warga sekitar sekolah.

Ani menambahkan dalam pelaksanaan milad ini melibatkan banyak pihak baik dari kalangan orangtua siswa maupun masyarakat umum hingga alumni. Harapannya bisa menjalin silaturahmi dan kekeluargaan antara sekolah, alumni dan masyarakat serta antar guru dan siswa. "Dalam milad kali ini juga ada kegiatan yang mengarah untuk mewujudkan kesehatan dan kesejahteraan keluarga. Selain itu sebagai sosialisasi sekolah kami kepada masyarakat," ucapnya.

Ketua Panitia Milad ke-39 SD Moemilta Witin Sulistyorini menambahkan dalam kegiatan milad tersebut digelar berbagai macam kegiatan di Kompleks SD Muhammadiyah Miliran, antara lain bazar berbagai macam UMKM baik dari masyarakat maupun orangtua siswa, terutama produk olahan rumah tangga. Selain itu menyediakan pemeriksaan kesehatan gratis kepada para peserta milad dan masyarakat umum.

"Berbagai rangkaian kegiatan ini digelar setelah jalan sehat secara bersama-sama dengan rute melewati sejumlah perkampungan sekitar sekolah, pesertanya lumayan banyak karena melibatkan orangtua siswa. Kami menyediakan doorprize di antaranya dua sepeda," ujarnya.

Witin mengatakan kegiatan itu dilengkapi beragam penampilan ekstrakurikuler siswa. Antara lain tarian ada dua kelompok berupa tari sintren dan sluku-sluku bathok, vokal sebanyak tiga kelompok yang ditampilkan serta beberapa hiburan lainnya. "Penampilan siswa ini untuk melatih kepercayaan diri, karena sudah diberikan materi saat kegiatan ekstrakurikuler," katanya.