Mendukung Malioboro Bebas Kendaraan, Jalan Mataram hingga Sarkem Bakal Ditetapkan Searah

Pengunjung Malioboro berfoto di tengah jalan saat uji coba bebas kendaraan bermotor, Selasa (18/6/2019). - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi
18 Februari 2020 19:17 WIB Newswire Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Rencana membuat ruas Jalan Malioboro bebas kendaraan secara permanen bakal berimbas pada perubahan pengaturan lalu lintas di jalan sekitarnya.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Agus Arif Nugroho di Yogyakarta, mengatakan pada uji coba Malioboro bebas kendaraan pada Selasa (18/2/2020), berimbas pada kemacetan di Jalan Letjen Suprapto yang berada di sebelah barat Malioboro.

“Dari beberapa kali uji coba penutupan Malioboro untuk kendaraan bermotor, sebagian besar volume kendaraan beralih ke Jalan Letjen Suprapto, terutama yang mengarah ke selatan,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Agus Arif Nugroho di Yogyakarta, Selasa.

Ke depan kata dia, saat Malioboro secara permanen bebas kendaraan, perubahan lalu lintas bakal diberlakukan untuk mencegah kemacetan. Yakni

Jalan Mataram dan Jalan Suryotomo yang ada di sebelah timur Jalan Malioboro akan dibuat searah ke utara, sedangkan Jalan Pasar Kembang dibuat searah ke barat. “Untuk Jalan Bhayangkara akan tetap diberlakukan searah ke utara hingga Jalan Gandekan Lor. Sebagai gantinya, perubahan arus searah justru akan diterapkan di Jalan Letjen Suprapto,” katanya.

Pada uji coba yang digelar bersamaan dengan agenda Selasa Wage, 18 Februari, diberlakukan sedikit perubahan manajemen lalu lintas yaitu menjadikan seluruh sirip jalan di sepanjang Jalan Malioboro sebagai jalan dua arah.

Sumber : Antara